Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan SPLTV Ditinjau dari Kemampuan Matematika
Mathematical Communication of Students in Completing TVLES in Terms of Mathematical Ability
Pembelajaran matematika akan mencapai hasil yang memuaskan apabila dapat memenuhi semua standar pada proses pembelajarannya termasuk kemampuan komunikasi matematis. Komunikasi matematis merupakan suatu kemampuan dalam memahami permasalahan dengan memodelkannya ke dalam simbol matematika dan menjelaskan ide-ide matematika secara tertulis maupun lisan. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang di kelas X dalam menyelesaikan soal SPLTV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal cerita materi SPLTV dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator komunikasi matematis dengan benar, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang memenuhi indikator komunikasi matematis dalam memahami inti permasalahan serta menyebutkan apa saja yang diketahui dan ditanya pada soal. Diharapkan guru mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan soal cerita yang jawabannya memiliki indikator komunikasi matematis agar siswa semakin dapat mengungkapkan ide-ide matematika baik secara tulisan maupun lisan dan mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis.
Mathematics learning will achieve satisfactory results if it can meet all standards in the learning process, including mathematical communication skills. Mathematical communication is an ability to understand problems by modeling them into mathematical symbols and explaining mathematical ideas in writing or orally. This research with descriptive qualitative method aims to describe the mathematical communication skills of students with high and moderate mathematical abilities in class X in solving TVLES questions. The data collection technique used a written test in the form of TVLES material story questions and interviews as supporting data. The results showed that students who had high mathematical ability fulfilled all indicators of mathematical communication correctly, while students who had moderate mathematical ability met the indicators of mathematical communication in understanding the core of the problem and mentioning what is known and asked in the question. It is hoped that the teacher will be able to improve students' mathematical communication skills by applying story questions whose answers have mathematical communication indicators so that students are increasingly able to express mathematical ideas both in writing and verbally and are able to fulfill all indicators of mathematical communication.