Miskonsepsi adalah suatu kondisi akan banyaknya konsepsi dalam pemahaman siswa yang kurang sesuai dengan pengetahuan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui profil pemahaman konsep siswa pada materi gelombang mekanik menggunakan model CRI (certainty of response index); 2) mendeskripsikan keterlaksanaan model guided discovery berbantuan simulasi lab virtual dalam mereduksi miskonsepsi siswa materi gelombang mekanik; 3) menganalisis penurunan miskonsepsi siswa setelah pembelajaran dan 4) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest posttest design. Sampel penelitian ini Sampel penelitian ini diambil secara acak (random sampling) yaitu kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) miskonsepsi tertinggi pada materi gelombang mekanik yaitu pada konsep panjang gelombang, faktor cepat rambat dan sifat gelombang; 2) model pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi lab virtual dalam mereduksi miskonsepsi siswa materi gelombang mekanik pada XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 secara masing-masing terlaksana dengan sangat baik; 3) dapat mereduksi secara signifikan miskonsepsi gelombang mekanik pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 dengan penurunan sebesar -0,52; -0,64 dan -1,11. Dan konsisten menurunkan miskonsepsi saat diterapkan pada ketiga kelas ; 4) respon positif siswa terhadap pembelajaran tiap masing-masing kelas tergolong kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi lab virtual dapat mereduksi miskonsepsi siswa materi gelombang mekanik.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Guided Discovery Berbantuan Simulasi Lab Virtual, Gelombang Mekanik
Misconception is a condition that many conceptions understanding of students that are not in accordance with scientific knowledge. The purpose of this research was to: 1) knowing student’s profile of conceptual understanding on mechanical wave using CRI (certainty of response index); 2) describing the implementation of guided discovery learning using virtual lab simulation to reduce student’s misconception on mechanical wave; 3) analyzing the reduction of student’s misconception after learning process; and 4) describing student’s responses towards the learning process they have experienced. This research used a pre-experimental design with one-group pretest posttest design. The sample chosen is purposive sampling which were in XI MIPA 1, XI MIPA 2 and XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. The results showed that 1) the highest misconception on mechanical wave is the concepts of wavelengths, the factors that influence the wave propagation speed and wave nature; 2) guided discovery learning using virtual lab simulation to reduce student’s misconception on mechanical wave at XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 was done very well; 3) can significanly reduce misconception on mechanichal wave in the experiment class, replication class 1 and 2 with decrease is -0,52, -0,64 and -1,11. And after applied it to three class misconception can be reduced consistently; 4) student’s positive responses to learning at every class classifed as criteria very well. Based on result, it can be concluded that the implementation of guided discovery learning using virtual lab simulation can reduce student’s misconception on mechanical wave.
Keywords : Misconception, Guided Discovery Using Virtual Lab Simulation, Mechanical Wave