Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan Interactive E-Book IPA yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa ditinjau dari segi validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan atau Reaserch and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono (2011). Bentuk desain yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pre-test – Post-test Design. Interactive E-Book IPA yang telah dikembangkan diujicobakan pada kelompok terbatas, yaitu siswa kelas VII-A di SMP LABSCHOOL UNESA, tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu, penilaian validator terhadap interactive E-book IPA secara keseluruhan, mendapatkan nilai 3. Nilai ini termasuk pada kategori “Baik”. Hasil kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan penggunaan E-Book memperoleh nilai persentase rata – rata keseluruhan kegiatan pada setiap pertemuan adalah 96,4% dengan kategori sangat baik, sedangkan kepraktisan ditinjau dari persentase respon siswa terhadap Interactive E - Book IPA secara keseluruhan, rata – ratanya 92% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis peningkatan kemampuan literasi sains siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan pencapaian nilai n-gain tertinggi 0,86. Peningkatan kemampuan literasi sains berdasarkan dimensi literasi sains menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada dimensi konteks sains terjadi peningkatan sebesar 34,0%. Pada dimensi pengetahuan sains terjadi peningkatan sebesar 41,6%. Pada dimensi kompetensi sains terjadi peningkatan sebesar 35,9%. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa Interactive E-Book IPA yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Kata Kunci : Interactive E-Book , IPA, Literasi sains
This research aims to describe the feasibility of the Interactive E-Book Of natural science developed to increase students' literacy skills in terms of validity, practicality and effectiveness. This research used the research and development (R & D) method proposed by Sugiyono (2011). The form of design used in the implementation of this study was Pre-Experimental with the research design of One Group Pre-test - Post-test Design. The Interactive E-Book IPA that has been developed was tested in a limited group, namely students of class VII-A in LABSCHOOL Middle School, 2018/2019 school year as many as 20 people. The results of the study were, namely, the validator's assessment of the IPA E-book overall as a whole, getting a value of 3. This value belongs to the "Good" category. The results of practicality seen from the implementation of the E-Book obtained the average percentage value of the overall activity at each meeting was 96.4% with very good categories, while practicality in terms of the percentage of students' responses to the Interactive E-Book Of Natural Science as a whole, average 92 % with a very good category. The results of the analysis of increasing scientific literacy skills of students showed a significant increase with the achievement of the highest n-gain value of 0.86. Increasing the ability of scientific literacy based on the dimensions of scientific literacy showed a significant increase. In the dimensions of the science context an increase of 34.0%. In the dimension of science knowledge there was an increase of 41.6%. In the dimensions of science competence there was an increase of 35.9%. Based on these results, it is known that the Interactive E-Book Of Natural Science was developed effectively to train students' literacy skills.
Keywords: Interactive E-Book Science, Science Literacy