PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN
BELAJAR DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN MATA PELAJARAN
MATEMATIKA KELAS XI SMKN 1 KEMLAGI
Nama : Anisa Firdaus
NIM : 20010024012
Program Studi : S1 Teknologi Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pengetahuan
Lembaga : Universitas Negeri
Surabaya
Pembimbing : Dr. H. Andi Mariono, M. Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD (Student
Teams Achievement Division) terhadap keaktifan dan pemahaman konsep peserta
didik pada materi lingkaran kelas XI SMKN 1 Kemlagi. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah true eksperiment design yang berbentuk pre-test
posttest control group design .
Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI DKV 1 dan XI DKV 2 SMK
Negeri 1 Kemlagi, dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model
pembelajaran cooperative tipe STAD dan kelas kontrol yang memakai
perlakuan biasanya yakni model pembelajaran konvensional.
Pada uji T menggunakan rumus independent sample t test dengan
signifikansi 5%. Hasil uji t dari angket keaktifan diperoleh nilai Sig.
(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya
terdapat perbedaan keaktifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan
hasil uji t post-test menunjukkan
nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya ada perbedaan yang
signifikan terhadap post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang
signifikan terhadap tingkat pemahaman kelas eksperimen dan kelas kontrol
setelah penerapan model cooperative tipe STAD.
Kata Kunci : Cooperative tipe STAD, Keaktifan Belajar, Pemahaman, Materi Lingkaran.