Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer untuk materi limit fungsi aljabar untuk siswa kelas XI dengan menggunakan Visual Basic for Application (VBA) dan Adobe Flash Professional CS6. Media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan menjadi media latihan bagi siswa.
Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMAN 22 Surabaya, yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi berdasarkan tes kemampuan awal siswa. Data dikumpulkan dari validasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif untuk data berupa teks dan kuantitatif untuk data berupa angka.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan modus dari aspek penilaian oleh tiga orang ahli media dengan modus sebesar 3 dengan kategori “Baik” dan dari tiga orang ahli materi dengan modus sebesar 4 dengan kategori “Sangat Baik” sehingga media pembelajaran ini valid. Secara umum, media ini dapat digunakan dengan sedikit revisi. Selama uji coba, diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan modus sebesar 4 dan nilai aktivitas siswa dengan rerata sebesar 3 yang berarti penggunaan media pembelajaran ini praktis. Media pembelajaran ini mendapat hasil persentase respon siswa dengan rerata sebesar 80,13% yang berarti respon siswa terhadap media pembelajaran ini positif dan Persentase Ketuntasan Siswa (PKS) sebesar 87,88% yang berarti media pembelajaran ini efektif. Oleh karena itu, media pembelajaran ini dinyatakan sebagai media pembelajaran yang baik karena valid, praktis, dan efektif.
This study is aimed to develop computer based interactive learning media on algebra limit function for students eleven graders using Visual Basic for Application (VBA) and Adobe Flash Professional CS6. This learning media is expected to improve students' understanding and as a media for students’ self learning.
The research is using ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subject of this research are all students in XI IPA 1 SMAN 22 Surabaya, which are categorize low, medium, and high ability in math based on the student’s initial ability test. The data is collected from validation, observations, tests, and questionnaires. Data analysis is carried out by qualitative for text’s data and quantitative analysis number’s data.
The results obtained from mode of aspect by three media experts' assessment can be categorized as “Good” and from three material experts with mode amounting to 4 categorized as “Very Good”. In results, the learning media is valid. In general, this media can be used with a little revision. During the trial, the results of learning implementation with mode obtained is 4 and the value of student activities with average is 3. It means the learning media is practical. This learning media get percentage of student respon results of 80.13%, which means students' response toward the learning medium is positive and the Student Satisfaction Percentage (PKS) is 87.88% which indicates that the learning media is effective. In short, this learning media can be considered as a good learning media because it is valid, practical, and effective.