Development of E-Modul Moksa (Modul Aksara Jawa) Quantum Learning Based in Javanese Language Subjects class X
ABSTRAK
Nugroho, Listyan Purwo.2020. Pengembangan E-Modul Moksa (Modul Aksara Jawa) Berbasis Quantum Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. dan (II) Dr. Titik Indarti, M.Pd.
Kata-kata Kunci: pengembangan bahan ajar, e-modul, aksara Jawa, quantum learning, Moksa.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul aksara Jawa yang valid, praktis dan efektif. E-modul aksara Jawa yang dikembangkan disebut Moksa. Pengembangan e-modul Moksa mengadaptasi langkah pengembangan Borg and Gall dan dipadukan dengan Panduan Penyusunan e-modul yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2017.
Subjek pada penelitian adalah peserta didik SMK PGRI 2 Kediri kelas X pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). Metode untuk pengumpulan data adalah wawancara, validasi, observasi, angket dan tes. Hasil Penelitian berupa, 1) deskripsi proses dan hasil pengembangan e-modul Moksa, (2) deskripsi hasil analisis kevalidan e-modul Moksa, (3) deskripsi hasil analisis kepraktisan e-modul Moksa, dan (4) deskripsi keefektifan e-modul Moksa.
Proses pengembangan e-modul Moksa dilakukan dengan langkah-langkah pengembangan; (1) tahap penelitian dan pengumpulan data (research and collection information) untuk mengembangkan e-modul Moksa, (2) tahap perencanaan (planning) pengembangan e-modul Moksa, (3) tahap pengembangan (develop preliminary form of produk) e-modul Moksa dan revisi, (4) tahap pengujian awal dan revisi (preliminary flied testing and produk revision) e-modul Moksa, (5) tahap pengujian lapangan pada kegiatan pembelajaran lebih luas (operational field testing). Penelitian pengembangan e-modul Moksa mendapat nilai validasi dari ahli materi sebesar 102 atau 88,70%, nilai validasi dari ahli media sebesar 129 atau 92,14%, secara rata-rata penlaian yang kedua ahli dikategorikan sangat baik atau e-modul Moksa bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran tanpa harus ada revisi. Respon peserta didik dan guru pengajar terhadap e-modul Moksa memperoleh hasil 86,69% bisa dikategorikan untuk e-modul Moksa sangat praktis. Ketrelaksanaan RPP memperoleh rata-rata 87,73% dengan kategori sangat baik dan ketuntasan klasikal sebesar 96% atau kategori tuntas. Peningkatan nilai atau N-gain sebesa 0,72 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian e-modul Moksa merupakan e-modul yang valid, praktis dan efektif untuk kegiatan pembelajaran.
ABSTRACT
Nugroho, Listyan Purwo.2020. Development of E-Modul Moksa (Modul Aksara Jawa) Quantum Learning Based in Javanese Language Subjects class X. Thesis. Language and Literature Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. and (II) Dr. Titik Indarti, M.Pd.
Keywords: development of learning materials, e-modules, Aksata Jawa, quantum learning, Moksa.
This study aims to produce a valid, practical and effective Javanese script e-module. The developed Javanese script e-module is called Moksa. The development of the Moksa e-module adapts the steps of Borg and Gall's development and is combined with the Guidelines for the Preparation of e-modules published by the Ministry of Education and Culture in 2017.
The subjects in the study were students of SMK PGRI 2 Kediri in class X in the competence of Online Business and Marketing (BDP), Office Automation and Governance (OTKP), and Institutional Accounting and Finance (AKL). The methods for data collection are interviews, validation, observation, questionnaires and tests. The research results are, 1) a description of the process and results of the development of the Moksa e-module, (2) a description of the results of the analysis of the validity of the Moksa e-module, (3) a description of the results of the practical analysis of the Moksa e-module, and (4) a description of the effectiveness of the Moksa e-module.
The process of developing the Moksa e-module is carried out with development steps; (1) research and collection information to develop the Moksa e-module, (2) the planning stage for the Moksa e-module development, (3) develop preliminary form of product Moksa and revision, (4) preliminary flying testing and revision of the Moksa e-module, (5) operational field testing for the Moksa e-module in Javanese language lesson. The research on the development of the Moksa e-module received a validation value from material experts of 102 or 88.70%, the validation value of the media expert was 129 or 92.14%, on average the assessments of the two experts were categorized as very good or the Moksa e-module could used for learning activities without having to be revised. The responses of students and teaching teachers to the Moksa e-module obtained 86.69% results that could be categorized for the very practical Moksa e-module. The implementation of the RPP obtained an average of 87.73% in the very good category and 96% classical completeness or the complete category. An increase in the value or N-gain of 0.72 in the high category. Based on the research results, the Moksa e-module is a valid, practical and effective e-module for learning activities.