PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII DI SMPN 28 SURABAYA
THE EFFECT OF THE APPLICATION OF THE PAIR CHECK TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL ON THE SCIENCE LEARNING OUTCOMES FOR EIGHT GRADE AT JUNIOR HIGH SCHOOL 28 SURABAYA
Hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 28 Surabaya pada materi gerak benda masuk ka tegori rendah, hasil ini
diperoleh berdasarkan data hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di sekolah
tersebut. Penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Maka peneliti menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan
tujuan penelitian meliputi (1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair
Check oleh guru dan siswa SMP Negeri 28 Surabaya pada mata pelajaran IPA kelas VIII materi gerak benda. (2)
Untuk mengetahui adakah pegaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada
mata pelajaran IPA kelas VIII terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 28 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan dua kelas eksperimen yaitu kelas VIII H dan VIII I serta kelas
kontrol yaitu kelas VIII G di SMPN 28 Surabaya sebagai subyek penelitiannya. Dimana teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes dan observasi. Fungsi tes ini berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar
siswa yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi. Setelah itu, dilakukan analasis data
menggunakan rumus Koefisien Kesepakatan dan Uji One-Way Anava. Kesimpulan menurut hasil analisis data
menunjukkan bahwa aktivitas belajar dengan keterlaksanaan pembelajaran dikategorikan baik. Hasil analisis
data dari hasil belajar siswa menunjukkan pembelajaran menggunakan model Pair Check dapat meningkatkan
hasil belajar secara signifikan. Hasil dibuktikan dengan adanya hasil uji One-Way Anava yang diperoleh yaitu
Fhitung 7,922 > Ftabel 3,09 maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menerapkan model kooperatif tipe Pair
Check dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan.
The learning result of VIII grade students of SMPN 28 Surabaya on the material of motion objects are in the low
category, these results are obtained based on data from field observations and interviews with science teachers at
the school. The reason is the use of learning models that have not been right. So the researchers used the Pair
Check type cooperative learning model as an alternative to overcoming the problem. The research objectives
include (1) to know the process of applying Pair Check type cooperative learning model by teacher and students
of SMPN 28 Surabaya on Sciences subject class VIII, motion object material. (2) to know the effect of the
application of cooperative learning model Pair Check type in class VIII science subject on the learning result of
SMPN 28 Surabaya students. This type of research is quantitative research. By using two experimental classes,
namely classes VIII H and VIII I and a control class, namely class VIII G at SMPN 28 Surabaya as the research
subject. Whereby data collection techniques used are tests and observations. The function of this test is related to
the process of teaching and learning activities of students which aims to determine student learning results and
observation. After that, a data analysis was performed using the Anava coefficient formula and the One-way
Anava Test. The conclusion according to the results of data analysis shows that learning activities with learning
implementation are categorized as good. The results of data analysis of stud ent learning results indicate learning
using the Pair Check model can significantly improve learning results. The results are proven by the One-Way
Anava test results obtained namely Fcount 7.922 > Ftable 3.09, it can be said that learning that applies the Pair
Check type cooperative model can significantly increase learning results.