The Effectiveness of Solution-focused Brief Counseling to Improve The Learning Motivation of Class X Students of SMK Negeri 4 Surabaya
Setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda, dengan adanya motivasi dapat mendorong siswa agar semangat melakukan kegiatan belajar. Pendekatan solution-focused brief counseling dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan solution-focused brief counseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-AK di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan metode pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala motivasi belajar, melalui skala ini dapat ditemukan subjek penelitian dengan kriteria siswa dengan motivasi belajar rendah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis non parametrik dengan uji Mann-Whitney. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest kelompok eksperimen memiliki total sebesar 108 dengan rata-rata 21,6. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa solution-focused brief counseling terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Solution-focused Brief Counseling
Student's motivation for different learning, with exists motivation can push students so that spirit does activity Study. Approach solution-focused brief counseling can be used to increase student motivation. This study aimed to measure the effectiveness of solution-focused brief counseling to increase student motivation in tenth grade major AK at SMK Negeri 4 Surabaya. This study used an experimental type with the pretest-posttest control group design method. Data collection used an instrument in the form of a learning motivation scale; through this scale, it was possible to find research subjects with the criteria of students with low learning motivation. The data analysis technique used in this study uses non-parametric analysis with the Mann-Whitney test. The research results show that the score pretest And posttest group experiment has a total of 108, averaging 21.6. Therefore solution-focused brief counseling has proven effective in increasing motivation among study students.
Keyword: Motivation Learning, Solution-focused Brief Counseling