IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PPDB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KRIAN KABUPATEN SIDOARJO
IMPLEMENTATION OF PPDB ZONING SYSTEM POLICY IN STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 3 KRIAN SIDOARJO REGENCY
Kebijakan sistem zonasi PPDB dalam sistem pendidikan merupakan konsep untuk memeratakan layanan dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang masih terjadi diskriminatif. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan terkait implementasi kebijakan sistem zonasi PPDB di SMP Negeri 3 Krian telah sesuai dengan yang tertera dalam peraturan teknis pelaksanaan kebijakan sistem zonasi PPDB menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berfokus pada implementasi kebijakan sistem zonasi PPDB yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian sistem zonasi PPDB di SMP Negeri 3 Krian telah berjalan dengan sangat baik sesuai dengan peraturan teknis pelaksanaan kebijakan sistem zonasi PPDB Permendikbud Nomor 01 Tahun 2021 dan Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 37 Tahun 2020. Jalur yang disediakan dalam kebijakan sistem zonasi PPDB memberikan peluang yang sama dan adil bagi semua calon peserta didik namun masih terdapat hambatan dan tantangan yaitu terkait pelaksanaan selama PJJ berlangsung tidak terdapat respon dari siswa setelah ditanya tidak memiliki paketan dan persepsi orang tua yang dapat menyeleksi dan menerima calon peserta didik adalah pihak sekolah. Upaya dan saran mengatasi permasalahan tersebut guru memberikan alternatif lain dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik dilain waktu sehingga mereka tetap bisa mengikuti dan tidak ketinggalan materi pembelajaran, pihak sekolah menyampaikan dengan menggunakan persepsi sesuai aturan yang berlaku dan orang tua lebih memahami maksud dari peraturan sistem zonasi PPDB yang ikut berperan serta dan andil dalam pemilihan sekolah bagi anaknya sehingga peluang anak untuk sekolah di negeri tidak terbuang sia-sia karena terbatas oleh kuota.
Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Sistem Zonasi
The PPDB zoning system policy in the education system is a concept to improve services and improve the quality of education in Indonesia, which is still dicriminatory. This research was conducted to answer problems related to the implementation of the PPDB zoning system policy at SMP Negeri 3 Krian in accordance with what is stated in the technical regulations for implementing the PPDB zoning system policy using a qualitative approach with descriptive research type that focuses on the implementation of the PPDB zoning system policy namely communication, resources, disposition or attitude and bureaucratic structure. The results of the PPDB zoning system study in SMP Negeri 3 Krian it has been going very well in accordance with technical regulations on the implementation of PPDB zoning system policy Permendikbud Number 01 of 2021 and Sidoarjo Regent Regulation Number 37 of 2020. The path provided in the PPDB zoning system policy provides equal opportunities and fair for all prospective students but there are still obstacles and challenges related to implementation during the PJJ there was no response from students after being asked not to have a package and perception of parents who can select and accept prospective students is the school. Efforts and suggestions to overcome the problems, the teacher offers other options by way of the use of studying media that can be accessed through college students at different time so that they can still follow and do not miss the learning material, the school conveys by using perceptions in according to applicable rules and parents better understand the intent from the PPDB zoning system regulations that participate and contribute in the selection of schools for their children so that children’s oppurtunities to study in the country are not wasted because they are limited by quotas.
Keywords: Implementation, Policy, Zoning System