Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Sekolah Ramah Anak
Principal's Strategy In Implementing Child-Friendly School Program
Dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak maka diterapkannya Sekolah Ramah Anak atau SRA. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam implementasi program sekolah ramah anak. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini yaitu menggunakan studi literatur. Data yang dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil dari sumber yang relevan, meliputi artikel jurnal- jurnal, karya tulis dan buku yang relevan. Hasil kajian artikel ilmiah ini menunjukan bahwa Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam mengambil keputusan dalam meningkatkan kualitas sekolahnya. Keberhasilan sekolah dapat terlihat dari sikap dan keputusan kepala sekolah, salah satunya dalam menyusun strategi. Kepala sekolah memiliki strategi dalam implementasi program sekolah ramah anak sesuai dengan indikator sekolah ramah anak yang meliputi 1) melaksanakan kebijakan Sekolah Ramah Anak sesuai standar, 2) melakukan tahapan pengawasan pada kurikulum, 3) melakukan pelatihan pada guru, 4) memenuhi sarana dan prasarana sekolah , 5) memberikan ruang pastisipasi bagi siswa, dan 6) melibatkan orang tua siswa dan masyarakat.
Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, Sekolah Ramah Anak
In an effort to fulfill and protect children's rights, the implementation of Child-Friendly Schools or CFS. The purpose of writing this scientific article is to know, explain, and analyze the principal's strategy in the implementation of child-friendly school programs. The method used in this scientific article is to use literature studies. Data collected through text studies and results from relevant sources, including relevant journal articles, papers and books. The results of this scientific article study show that the principal has an important role in making decisions in improving the quality of the school. The success of the school can be seen from the attitudes and decisions of the principal, one of which is in strategizing. The principal has a stategi in the implementation of child-friendly school programs in accordance with child-friendly school indicators that include 1) implementing child-friendly school policies according to standards, 2) conducting supervision stages on the curriculum, 3) conducting training on teachers, 4) fulfilling school facilities and infrastructure, 5) providing pastisipation space for students, and 6) involving parents and the community.
Keywords: Principal Strategy, Child-Friendly School