Perkembangan Pondok Pesantren Syirothol Mustaqim (LDII) Manukan Tandes Surabaya Tahun 1998-2021
Development of Syirothol Mustaqim (LDII) Manukan Tandes Surabaya Ismamic Boarding School In 1998-2021
Jumlah penduduk Indonesia yang menganut agama islam ada sekitar 87 persen dari total keseluruhan. Hal ini memunculkan lembaga pendidikan islam bersifat non formal yang bernama Pondok Pesantren. Pondok Pesantren adalah lembaga yang diharapkan mampu untuk membina akhlaq dan kefahaman agama generasi mudanya agar menjadi generasi muda yang tertib beribadah dan memiliki budi pekerti yang baik. Pondok Pesantren Syirothol Mustaqim adalah salah satu dari sekian banyak pondok yang ada di Kota Surabaya. Letak pondok yang berada di tengah-tengah kota dan pondok yang beraliran LDII menjadi ketertarikan bagi penulis untuk mengetahui perkembangan dari pondok pesantren tersebut.
Terkait dengan hal tersebut, peneliti mengangkat dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Syirothol Mustaqim (LDII) di Manukan Tandes Surabaya? 2. Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Syirothol Mustaqim dari tahun 1998 hingga 2021? 3. Bagaiamana upaya-upaya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Syirothol Mustaqim untuk bisa mempertahankan eksistensinya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelusuran pustaka dan wawancara. Adapu kegiatan yang dilakukan dalam penelitian sejarah yaitu: 1. Tahapan mencari dan menemukan sumber-sumber (Heuristik), 2. Melakukan kritik sejarah, 3. Proses penyusunan fakta-fakta secara kronologi (Interpretasi), 4. Tahap akhir adalah menyajikan semua fakta (Historiografi).
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa Pondok pesantren Syirothol Mustaqim dalam sejarahnya telah mengalami perkembangan baik secara fisik maupun non fisik. Secara fisik baik dari bangunan pondok, sarana dan prasarana, fasilitas pondok. Secara non fisik baik dari sistem pendidikan, kurikulum. Hal ini diharapakan para santri dapat mempunyai sikap mandiri, berakhlakul karimah, alim, faqih. Tercapainya visi dan misi pondok. Upaya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Syirothol Mustaqim agar tetap eksis dan berdiri di tengah-tengah masyarakat mayoritas agama islam beraliran NU dan Muhammadiyah adalah dengan cara mulai berusaha untuk terbuka dengan masyarakat sekitar agar muncul rasa kekeluargaan dan toleransi antar umat beragama. Pembangunan ponpes memang tidak mendapat penolakan dari warga sekitar, tapi isu isu negatif tentang LDII sebagai eks warga Islam Jamaah selalu saja muncul. Oleh karena itu, pihak pesantren selalu terbuka dengan masyarakat.
Kata Kunci : Perkembangan, Pondok Pesantren, Syirotol Mustaqim, LDII
The total population of Indonesia who adheres to Islam is around 87 percent of the total. This gave rise to non-formal Islamic educational institutions called Pondok Pesantren. Islamic boarding schools are institutions that are expected to be able to foster morals and religious understanding of the younger generation so that they become young people who worship in an orderly manner and have good character. Syirothol Mustaqim Islamic Boarding School is one of the many boarding schools in the city of Surabaya. The location of the boarding school in the middle of the city and the boarding school with the LDII wing is of interest to the author to find out the development of the Islamic boarding school.
Related to this, the researcher raises the following problem formulation: 1. What is the background for the establishment of the Syirothol Mustaqim Islamic Boarding School (LDII) in Manukan Tandes Surabaya? 2. How is the development of the Syirothol Mustaqim Islamic Boarding School from 1998 to 2021? 3. How are the efforts made by the Syirothol Mustaqim Islamic Boarding School to be able to maintain its existence? The method used in this study is the method of literature search and interviews. There are activities carried out in historical research, namely: 1. Stages of searching for and finding sources (Heuristics), 2. Conducting historical criticism, 3. The process of compiling facts chronologically (Interpretation), 4. The final stage is presenting all the facts ( historiography).
Based on this research, it can be seen that the Syirothol Mustaqim Islamic Boarding School in its history has experienced developments both physically and non-physically. Physically both from the cottage building, facilities and infrastructure, cottage facilities. Non-physically both from the education system, curriculum. It is hoped that the students will have an independent attitude, have good morals, be pious, faqih. Achieving the vision and mission of the cottage. Efforts made by the Syirothol Mustaqim Islamic Boarding School to continue to exist and stand in the midst of the NU and Muhammadiyah Muslim majority community are by starting to try to be open with the surrounding community so that a sense of kinship and tolerance between religions emerges. The construction of the Islamic boarding school did not receive resistance from local residents, but negative issues about LDII as a former member of the Islamic Jamaah always appeared. Therefore, the pesantren is always open with the community.
Keywords : Development, Islamic Boarding School, Syirotol Mustaqim, LDII