Pengembangan Website Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Online Dalam Pengoptimalan Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini
Website Development of Daily Lesson Plans Online In Optimizing Early Childhood Development
Qori’ah. 2021. Pengembangan Website Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Online Dalam Pengoptimalan Perkembangan Anak Usia Dini. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Kosentrasi Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing; (I). Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., dan (II) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, Anak Usia Dini, Website
Penelitian ini bertujuan memudahkan guru dalam merancang pelaksanaan pembelajaran harian. Rencana pelaksanaan pembelajaran harian merupakan salah satu perangkat pembelajaran bagi guru dalam keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar. Penulisan rencana pelaksaanaan pembelajaran berprinsip pada efektif, efisien dan berorientasi pada anak. Dengan peracangan pelaksanaan pembelajaran harian online dapat menguarangi biaya maupun waktu dalam pengerjaanya.
Penelitian ini dirancang menggunakan model ADDIE meliputi konsep analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Analisis disesuaikan pada kebutuhan guru dalam merancang RPPH bagi anak. Desain perancangan menggunakan website yang praktis dalam membuat RPPH. Produk pengembangan ini berupa website yang memudahkan guru dalam merancang RPPH yang fleksibel namun sesuai dengan format RPPH yang berlaku serta menunjang perkembangan anak. Format ini berisi tema, subtema, tanggal, waktu, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Standar Tingkat Pencapaian Pekembangan Anak, kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup dan penilaian. Implementasi dilaksanakan pada guru kelompok A Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Kecamatan Bubutan Surabaya. Evaluasi terhadap produk yang dihasilkan untuk mengetahui kelayakan serta evaluasi hasil impelemntasi untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan.
Data dihasilkan dari pengembangan website melalui kelayakan dari hasil validasi ahli. Hasil kepraktisan dari hasil angket yang telah diisi oleh satuan pengurus pendidikan anak usia dini Kecamatan Bubutan Surabaya yakni pengawas sekolah dan ketua IGTKI Kecamatan Bubutan. Data keefektifan diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh guru kelompok A IGTKI Kecamatan Bubutan sejumlah 36 guru dan diindeks dengan Normalitas Gainn (n-gain).
Sesuai dengan tujuan hasil produk website ini dalam penelitian ini layak dengan rata-rata persentase 90,52%. Kepraktisan rata-rata pada 66,29%. Dan keefektifan pada indeks n-gain 0,67 cukup efektif.
Qori’ah. 2021. Website development of daily lesson plans online In Optimizing Early Childhood Development. Thesis. Master of Basic Education Concentration on PAUD, State University Of Surabaya. Advisor; (I). Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., den (II) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Keywords: Daily Lesson Plan, Early Age Children, Website
This study aims to facilitate teachers in designing the daily lesson plan. The daily lesson plan is one of the learning tools for teachers in the implementation of teaching and learning activities. Designing the daily online lesson plan is based on effective, efficient and child-oriented principles. By designing the daily online lesson plan, it can reduce costs and time in the process.
This study was designed using the ADDIE model covering the concepts of analysis, design, develop, implement, and evaluate. The analysis is adjusted to the teachers’ needs in designing RPPH for children. The design uses a practical website in making RPPH. This development product is a website that makes it easier for teachers to design flexible RPPH but in accordance with the applicable RPPH format and support children's development. This format contains the theme, sub-theme, date, time, Core Competencies, Basic Competencies, Child Development Achievement Level Standards, opening activities, core activities, closing activities and assessments. The implementation was carried out in group A teachers of the Kindergarten Teacher Association, Bubutan District, Surabaya. The evaluation of the end result determines the feasibility and evaluation of the implementation results to determine the practicality and effectiveness.
The data resulted from website development through the feasibility study of expert validation results. The results of the practicality from questionnaire were filled out by the early childhood education management unit in Bubutan District, Surabaya, namely the school supervisor and the head of the ITGKI in Bubutan District. The effectiveness data was obtained from the results of the questionnaire that had been filled out by 36 teachers of group A ITGKI Bubutan District and indexed by Normality Gainn (n-gain).
In accordance with the purpose of this website end result in this study was feasible with an average percentage of 90.52%, practicality average at 66.29%, and the effectiveness on the n-gain index of 0.67 was quite effective.