ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING PURCHASE DECISIONS OF MUSLIM CONSUMERS AT TIKTOK SHOP
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim di Tiktok Shop. Seperti yang kita tau keberadaan Tiktok Shop sebagai salah satu e-commerce di Indonesia dapat dikatakan baru yaitu pada tahun 2020. Dan pada tahun 2019, pertumbuhan e-commerce sangat berkembang pesat di Indonesia yang diketahui mengalami peningkatan mencapai 78%. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat ukurnya yaitu skala likert serta teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah harga, kemudahan, dan promosi. Setelah dilakukannya penelitian ini, dihasilkan dalam uji T bahwa setiap faktor yang diteliti memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Begitu juga pada uji F juga dihasilkan bahwa faktor-faktor yang diteliti memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses keputusan pembelian di Tiktok Shop, konsumen muslim memperhatikan harga produk, kemudahan aplikasi, dan juga promosi yang dilakukan.
This research examines factors that affect buying decisions of Muslim consumers at Tiktok Shop. The existence of Tiktok Shop as one of the e-commerce sites in Indonesia is quite recent, start at 2020. In 2019, e-commerce growth is growing very rapidly in Indonesia up to 78%. The method in this study is quantitative with the measuring instrument is a Likert scale and the data analysis technique is multiple linier regression analysis. The factors studied are price, convenience, and promotion. The result showed from the T test that the factors had a significant influence partially on the purchasing decisions. And the F test also resulted that the factors studied had a simultaneous influence on purchasing decisions. So it can be concluded that in the process of purchasing decisions at Tiktok Shop, Muslim consumers pay attention to product prices, ease of application, and also promotions carried out.