Pendidikan Entrepreneurship Dalam Menerapkan Keterampilan 4Cs Siswa Di SMK Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) 7 Tarik Sidoarjo.
Entrepreneurship Education in Implementing Student 4Cs Skills at the Maarif Education Foundation Vocational School (YPM) 7 Tarik Sidoarjo
Musliman, Dita A, N. 2022. Pendidikan Entrepreneurship Dalam Menerapkan Keterampilan 4Cs Siswa Di SMK Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) 7 Tarik Sidoarjo. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Erny Roesminingsih, M.Si. dan (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan Entrepreneurship, Keterampilan 4C
Pendidikan entrepreneurship berperan dalam membentuk karakter wirausaha yang dapat menjadi bekal siswa dalam menghadapi era 4.0. Karakter wirausaha tersebut diantaranya kreatif, tanggungjawab, inovatif, berfikir kritis, penyelesaian masalah kompleks, kerja sama, komitmen, berani mengambil keputusan dan resiko, dan motivasi kuat untuk sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan entrepreneurship dalam mata pelajaran PKWU, impmemntasi pendidikan entrepreneurship dalam ekstrakurikuler kewirausahaan, dan inovasi sekolah dalam pedidikan entrepreneurship.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi kasus dengan mengambil lokasi penelitian di SMK YPM 7 Tarik Sidoarjo, informaan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PKWU, pendamping ekstra, dan siswa. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Analisis pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan perpanjangan penelitian.
Hasil penelitian terkair implementasi pendidikan entrepreneurship dalam mata pelajaran PKWU adalah (1) membuat rancangan pembelajaran melalui RPP, (2) menggunakan strategi diskusi untuk menganalisis peluang usaha, (3) guru melakukan pendampingan ide bisnis, produksi, dan pemasaran, (4) memberikan motivasi, (5) menilai produk siswa, (6) membuat rancangan pengembangan produk siswa, dan (7) membantu pemasaran produk siswa secara offline maupun online. Implementasi pendidikan entrepreneurship dalam ekstrakurikuler kewirausahaan dalam ekstrakurikuler kewirausahaan adalah (1) penyebaran angket minat usaha, (2) melakukan perancangan ide bisnis, (3) praktik produksi secara langsung, (4) membuat laporan produksi, (5) evaluasi dan rencana pengembangan produk, dan (6) memasarkan produk baik secara offline maupun online. Inovasi pendidikan entrepreneurship di sekolah ini adalah membuat wadah promosi secara offline dengan mengikutkan stand pameran, melalui online berupa marketplace YPM di facebook, memberikan pelatihan skill tambahan berupa teknik pemasaran dan pengelolaan keuangan, serta kerjasama antara siswa dan koperasi untuk menjual produk siswa.
Musliman, Dita A, N. 2022. Entrepreneurship Education in Implementing Student 4Cs Skills at the Maarif Education Foundation Vocational School (YPM) 7 Tarik Sidoarjo. Thesis. Education Management Study Program. Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Dr. Erny Roesminingsih, M.Si. and (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd. Keywords: Entrepreneurship Education, 4C Skills Entrepreneurship education plays a role in shaping entrepreneurial character that can be a provision for students in facing the 4.0 era. These entrepreneurial characters include creative, responsible, innovative, critical thinking, complex problem solving, cooperation, commitment, courage to take decisions and risks, and strong motivation to succeed. This study aims to describe and analyze the implementation of entrepreneurship education in PKWU subjects, the implementation of entrepreneurship education in entrepreneurship extracurriculars, and school innovations in entrepreneurship education. This study uses a descriptive qualitative case study approach by taking the research location at YPM 7 Tarik Sidoarjo Vocational School, the informants of this research are the principal, curriculum waka, PKWU teachers, extra assistants, and students. This study uses data collection in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis carried out is data condensation, data exposure, and drawing conclusions. Analysis of checking the validity of the data using triangulation of sources, techniques, and research extension. The results of research related to the implementation of entrepreneurship education in PKWU subjects are (1) making learning designs through lesson plans, (2) using discussion strategies to analyze business opportunities, (3) teachers assisting business ideas, production, and marketing, (4) providing motivation , (5) assessing student products, (6) making student product development plans, and (7) assisting in marketing student products both offline and online. The implementation of entrepreneurship education in entrepreneurship extracurriculars in entrepreneurship extracurriculars is (1) distributing business interest questionnaires, (2) designing business ideas, (3) direct production practices, (4) making production reports, (5) product development plans and evaluations, and (6) market the product both offline and online. The innovation for entrepreneurship education at this school is to create an offline promotional platform by including exhibition stands, online in the form of the YPM marketplace on Facebook, providing additional skill training in the form of marketing techniques and financial management, as well as collaboration between students and cooperatives to sell student products.