Lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak usia dini adalah lingkungan keluarga yaitu orangtua. Semua bentuk pengajaran dari orang tua akan berfungsi mengoptimalkan perkembangan anak baik dalam aspek fisik, kognitif dan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam mendukung disiplin berlatih sepakbola usia dini di Paguyuban Sekolah Sepakbola Lumajang kategori usia 12 tahun.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data dan menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak berusia 12 tahun kebawah dari paguyupan Sekolah Sepakbola Lumajang dengan jumlah 120 orang. sampel dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak berusia 12 tahun kebawah yang terseleksi untuk mewakili turnament diluar kota dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendukung disiplin berlatih sepakbola usia dini di Paguyuban Sekolah Sepakbola Lumajang kategori usia 12 tahun termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai skor pada kebutuhan Non-materill sebesar 95,60%, Untuk yang kebutuhan materill sebesar 92,70%, Sedangkan perolehan total kedua kebutuhan tersebut sebesar 94,15%. Dapat disimpulkan bahwa peranan orang tua dalam mendukung disiplin berlatih sepakbola usia dini di Paguyuban Sekolah Sepakbola Lumajang kategori usia 12 tahun mempunyai peranan yang sangat tinggi.
Kata kunci: Peran orangtua, sekolah sepak bola, usia dini
The first and foremost educational environment for early childhood is the family environment, namely parents. All forms of teaching from parents will function to optimize children's development both in physical, cognitive and emotional aspects. This research aims to determine the role of parents in supporting the discipline of practicing early age in the community of Lumajang Football Schools in the 12 years age category.
The method used is the survey method with data collection techniques and using questionnaires. The population of this research is parents who have children aged 12 years and under from the community of Lumajang Football School with a total of 120 people. The sample in this research were parents who had children 12 years and under who were selected to represent the tournament outside the city with a total of 20 people. The instrument used was a questionnaire. Data analysis using descriptive percentages.
The results showed that the role of parents in supporting the discipline of practicing early age in the community of Lumajang Football Schools in the 12 years age category was included in the very high category with a score of Non-maternal needs of 95,60%, For material needs of 92,70%, while the total acquisition of these two needs amounted to 94,15%. It can be concluded that the role of parents in supporting the discipline of practicing early age in the community of Lumajang Football Schools in the 12 years age category has a very high role.
Keywords: The role of parents, soccer schools, early age