Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Zuper Abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa yang ditinjau dari kelayakan permainan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dilakukan hingga tahap uji coba terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan dilakukan uji coba terbatas kepada 33 peserta didik di kelas XI MIPA 2. Kelayakan permainan berbasis android zuper abase ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan.
Validitas ini didapatkan dari validasi 2 orang dosen kimia dan 1 guru kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Zuper Abase yang dikembangkan memperoleh persentase validitas isi sebesar 86,11% dan persentase validasi konstruk sebesar 88,89% dengan katagori sangat valid untuk keduanya. Kepraktisan permainan ini ditinjau dari hasil respon peserta didik setelah menggunakan media permainan zuper abase. Hasil respon yang didapatkan adalah sebesar 78,37% dengan katagori praktis.Permainan dikatakan efektif ditinjau dari kenaikan hasil belajar peserta didik yang didukung dengan aktivitas peserta didik selama penggunaan media permainan ini. Hasil belajar peserta didik telah mencapai ketuntasan klasikal yakni sebesar 93,94% serta mengalami peningkatan sebesar 85% peserta didik.
Dari data penelitian yang ada maka dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan zuper abase layak digunakan sebagai media pembelajaran asam basa.
The purpose of this research are to development Zuper Abase game based on android as a learning media acids bases reviewed from advisability game. This research utilize development model adapt from Borg and Gall excute until preliminary field testing. This research implemented at SMA Negeri 3 Sidoarjo and be tested to 33 student XI MIPA 2. Advisability zuper abase android game reviewed from validity aspect, practicability aspect and effectivenes aspect.
The validity aspect obtained from 2 person lecturer of chemistry and a teachers chemistry. The result show that Zuper Abase Game get percentage validity of content 86,11% and percentage validity of construct 88,89% with category very valid for both of them. The practicability game was reviewed from student respond after use zuper abase game. The result of student respond is 78,37%with category practical. The game can be effective was reviewed from a rise in the result of learning the student and support by activity the student while use this game. The result of learning the student has reached completeness classical that is 93,94% and having an increase in 85% student.
From this research, so the conclusion is the Zuper Abase game is suitable as a learning media acids bases.