PERANCANGAN DESAIN BUKU RESEP MAKANAN KHAS KOTA SURABAYA
THE DESIGN OF SURABAYA CITY RECIPTION BOOK
Kota Surabaya merupakan kota yang memiliki cita rasa kuliner yang khas khususnya di provinsi Jawa Timur dan masih belum didokumentasikan dengan baik. Masalah dalam pembuatan perancangan ini adalah bersaingnya antara buku resep yang dimana terdapat macam macam resep masakan khas daerah dengan buku resep ini yang dimana hanya fokus pada satu daerah,tantangan akan zaman yang dimana dapat dijumpai buku resep masakan luar yang dimana lebih tren ketimbang masakan daerah lokal. Tujuan membuat sebuah perancangan ini adalah berdasarkan kebutuhan yang belum ada sama sekali sebuah buku resep yang hanya berfokus dengan satu jenis makanan kuliner khas kota tersebut, juga melakukan ekspansi promosi secara luas dan menyeluruh dan sebagai juga sarana edukasi mengenai prosedur pembuatan makanan kuliner yang diterima oleh semua kalangan. Metode perancangan yang dipakai menggunakan metode Kualitatif dan juga dalam menggali sebuah informasi menggunakan sebuah teknik 5W+1H sebagai metode analisis. Praktek dalam menggali informasi akan makanan tersebut penulis melakukan sebuah pendekatan etnografi yang melakukan sebuah wawancara dan dokumentasi kepada para penjual lalu mencatat dan mendokumentasikan informasi yang didapatkan dan dari hasil penelitian itulah menghasilkan sebuah buku resep sebagai media utama dalam perancangan tersebut dan beberapa media pendukung yang diantaranya website, poster, dan sosial media.
The city of Surabaya is a city that has a distinctive culinary taste, especially in the province of East Java and is still not well documented. The problem in making this design is the competition between recipe books where there are various kinds of regional specialties recipes with this recipe book which only focuses on one area, the challenge of an era where you can find foreign cooking recipe books which are more trendy than local regional cuisine. The purpose of making this design is based on needs where there is no recipe book which only focuses on one type of typical culinary food. the city, also expanded the promotion widely and thoroughly as well as a means of education on the procedures for making culinary food which is accepted by all groups. a nalisis. Practice in digging up information about the food, the author takes an ethnographic approach which conducts interviews and documentation to the sellers and then records and documents the information obtained and from the results of the research, a recipe book is produced as the main medium in the design and several supporting media. which include websites, posters, and social media.