PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK JURUSAN RPL
THE INFLUENCE OF DEMOCRATIC PARENTING AND PEER ASSOCIATION ON MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT OF VOCATIONAL STUDENTS MAJORING IN SOFTWARE ENGINEERING
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui apakah ada
pengaruh positif dari pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi
belajar matematika siswa SMK jurusan RPL. Dengan adanya penelitian mengenai
pengaruh dari pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar
matematika siswa SMK jurusan RPL diharapkan akan mampu memberikan solusi
pemecahan masalah dari penurunan prestasi belajar matematika siswa akibat jenis pola
asuh dan pergaulan yang kurang tepat pada siswa, yang dapat mengarah pada masalah
perkembangan regulasi diri yang kurang optimal pada siswa. Permasalahan belajar pada
siswa perlu segera diatasi, karena jika dibiarkan hal tersebut akan mampu menyebabkan
penurunan prestasi belajarnya di sekolah, dan khususnya pada mata pelajaran matematika
yang penting untuk dapat dipahami oleh siswa khususnya pada siswa SMK jurusan RPL
karena berkaitan dengan mata pelajaran produktifnya.
Populasi dan sampel yang diambil berasal dari siswa SMK Semen Gresik jurusan
RPL karena diduga mampu mewakili sampel pada penelitian yang akan dilakukan.
Pengambilan data menggunakan teknik homogeneous purposive sampling karena
pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 1(satu) jenis kelompok sampel saja.
Hasil data yang diperoleh dikumpulkan dan ditabulasikan untuk dianalisis menggunakan
uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan media software SPSS.
Dari hasil uji analisis regresi linier berganda yang dilakukan, diperoleh bahwa:
tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap
prestasi belajar matematika pada siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar
0,08%. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pergaulan teman sebaya
terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar
7,45%. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dan
pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa
SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 7,5%.
This study was conducted with the aim of being able to determine whether there
is a positive influence of democratic parenting and peer association on the mathematics
learning achievement of vocational students majoring in RPL. With research on the
influence of democratic parenting and peer association on mathematics learning
achievement of vocational students majoring in RPL, it is hoped that it will be able to
provide problem-solving solutions from the decline in student mathematics learning
achievement due to improper types of parenting and association in students, which can
lead to problems with the development of suboptimal self-regulation in students. Learning
problems in students need to be overcome immediately, because if left unchecked it will
be able to cause a decrease in learning achievement at school, and especially in
mathematics subjects that are important to be understood by students, especially in
vocational students majoring in RPL because they are related to productive subjects.
The population and samples taken came from students of SMK Semen Gresik
majoring in RPL because they were allegedly able to represent samples in the research to
be carried out. Data collection uses homogeneous purposive sampling technique because
sampling is done by taking only 1(one) type of sample group. The results of the data
obtained were collected and tabulated for analysis using multiple linear regression
analysis tests using SPSS software media.
From the results of the multiple linear regression analysis test conducted, it was
found that: there was no significant positive influence between democratic parenting on
mathematics learning achievement in vocational students majoring in RPL with a
percentage of 0.08%. There was no significant positive influence between peer
associations on the mathematics learning achievement of vocational students majoring in
RPL with a percentage of 7.45%. There was no significant positive influence between
democratic parenting and peer association together on the mathematics learning
achievement of vocational students majoring in RPL with a percentage of 7.5%.