Pengembangan Buku Panduan Bimbingan Klasikal Komunikasi Interpersonal Berbasis Islami Di Smk Al-Miftah Pamekasan
Development of Islamic-Based Interpersonal Communication Classical Guidance Handbook at Al-Miftah Pamekasan High School
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pedoman klasik berbasis Islam yang tepat tentang komunikasi interpersonal, untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya komunikasi interpersonal yang efektif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada langkah-langkah penelitian Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMK Al-Miftah Pamekasan. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 3 orang. Instrumen yang digunakan dengan menggunakan angket dan lembar evaluasi. Hasil data yang diperoleh adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket berupa angka. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan skala penilaian untuk menunjukkan kelayakan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman klasikal komunikasi interpersonal berbasis islami layak digunakan sebagai buku pedoman dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Hasil tersebut didapat dari hasil validasi ahli materi bimbingan dan konseling dalam hal ini Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M.Si, Kons. 96,4% artinya baik / layak, validasi dari ahli materi agama dalam hal ini adalah Mohamad Thohir, M.Pd.I. Menunjukkan hasil penilaian 100% yang artinya sangat baik / sangat layak, validasi dari ahli media dalam hal ini adalah Dr. FajarArianto, M.Pd. Menunjukkan hasil penilaian 100% yang artinya sangat baik / sangat layak, dalam uji coba pengguna potensial dalam hal ini Muhammad Sukri, S.Pd produk ini mendapatkan rating 95% termasuk dalam kategori baik / layak. . Dengan demikian kesimpulannya produk ini bagus / layak pakai. Sebagai saran, produk ini dapat dikembangkan lebih lanjut melalui penelitian yang komprehensif.
Kata kunci: buku pedoman, komunikasi interpersonal, islami
This study aims to develop a proper Islamic-based classical guidance book on interpersonal communication, to increase understanding of the importance of effective interpersonal communication.
The research method used is research and development with reference to the research steps of Borg & Gall. The subjects of this study were guidance and counseling teachers of SMK Al-MiftahPamekasan. Small group trials were carried out on 3 people. The instrument used by using a questionnaire and evaluation sheet. The results of the data obtained are quantitative and qualitative descriptive. Quantitative data were obtained from questionnaires in the form of numbers. The qualitative data were analyzed using a rating scale so as to indicate the feasibility of the product.
The results showed that the Islamic-based interpersonal communication classical guidance book is suitable for use as a guidebook in guidance and counseling services. These results were obtained from the results of the validation of the guidance and counseling material experts in this case, Dr. HadiWarsitoWiryosutomo, M.Si, Kons. 96.4% which means good / feasible, validation of religious material experts in this case is MohamadThohir, M.Pd.I. Showing the results of an assessment of 100% which means very good / very feasible, the validation of the media expert in this case is Dr. FajarArianto, M.Pd. Shows the results of an assessment of 100% which means very good / very feasible, in the trial of a potential user, in this case Muhammad Sukri, S.Pd, this product received a 95% rating which was in the good / feasible category. Thus the conclusion is this product is good / suitable for use. As a suggestion, this product can be developed further through comprehensive research.
Keywords: guidebook, interpersonal communication, Islamic