Pengaruh Pembelajaran Sirkuit terhadap Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa
The Influence of Circuit Learning on Physical Fitness and Students' Learning Motivation
ABSTRAK
Mustafa, Farid Ahmad. 2023. Pengaruh Pembelajaran Sirkuit terhadap Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya Pembimbing: (I) Dr. Or. Purbodjati, M.S. (II) Dr. Norce Anita Kumaat, M.Kes.
Kata Kunci : Pembelajaran sirkuit, kebugaran jasmani, motivasi belajar
Ada dua tujuan dalam penelitian ini, pertama untuk melakukan pengujian pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap kebugaran jasmani siswa dsn untuk melakukan pengujian pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap motivasi belajar siswa.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Jenis penelitian ini ialah tergolong jenis penelitian percobaan semu (Quasi eksperiment) dengan metode non randomized control group pretest-posttes design, percobaan semu digunakan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh model pembelajaran sirkuit terhadap kesegaran jasmani serta motivasi belajar PJOK.Sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu kelas V SDN Puntukdoro 3 sebagai kelompok eksperimen, serta kelas V SDN Puntukdoro 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa.
Berdasarkan hasil perlakukan pada kelompok eksperimen peningkatan signifikansi yang di dapat adalah 0,001 atau Sig. < 0,05 Maka terdapat pengaruh signifikansi terhadap peningkatan kebugaran jasmani. Signifikansi data yang didapatkan oleh motivasi belajar adalah 0,019 atau Sig. < 0,05. Maka terdapat pengaruh dari kelompok perlakuan terhadap motivasi belajar.dan data signifikansi dari hasil analisis yang diperoleh oleh kebugaran jasmani adalah 0.309 atau Sig. > 0.05. Maka Tidak ada pengaruh yang signifikan dari kelompok kontrol terhadap kebugaran jasmani. Signifikansi data yang didapatkan oleh motivasi belajar adalah 0,296 atau Sig. > 0,05. Maka tidak ada pengaruh signifikan dari kelompok control terhadap motivasi belajar
Sehingga dapat disimpulkan 1) Ada pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani, 2) Ada pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap motivasi siswa belajar.
ABSTRACT
Mustafa, Farid Ahmad. 2023. The Influence of Circuit Learning on Physical Fitness and Students' Learning Motivation. Thesis, Department of Physical Education, Graduate School, Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Dr. Or. Purbodjati, M.S.; (II) Dr. Norce Anita Kumaat, M.Kes.
Keywords: circuit learning, physical fitness, learning motivation
This study has two objectives: first, to examine the effect of the circuit game learning model on students' physical fitness, and second, to investigate the influence of the circuit game learning model on students' learning motivation. The research adopts a quantitative approach and falls under the category of quasi-experimental research, explicitly employing a non-randomized control group pretest-post test design. This quasi-experimental design was chosen to explore the factors that impact the circuit learning model on physical fitness and physical education learning motivation.
The participants in this study were Grade V students from SDN Puntukdoro 3, assigned as the experimental group, and Grade V students from SDN Puntukdoro 1, assigned as the control group, with each class consisting of 32 students. The analysis showed a significant improvement in physical fitness within the experimental group, with a significance value of 0.001 (Sig. < 0.05), indicating a significant influence on enhancing physical fitness. Additionally, the analysis revealed a significant effect of the circuit game learning model on students' learning motivation, with a significance value of 0.019 (sig. < 0.05), indicating a significant impact of the treatment group on learning motivation.
However, the analysis indicated no significant influence from the control group on physical fitness (Sig. > 0.05, precisely 0.309) or students' learning motivation (Sig. > 0.05, precisely 0.296). Consequently, it can be concluded that 1) the circuit game learning model has a significant impact on improving physical fitness, and 2) the circuit game learning model significantly influences students' learning motivation.