PERSEPSI DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
LECTURERS’ PERCEPTION OF THE USE OF SOCIAL MEDIA FOR ENGLISH LANGUAGE TEACHING
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi dosen Bahasa Inggris terhadap penggunaan media sosial untuk pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dibatasi pada 4 aspek (Aktivitas, Motivasi, Peningkatan Keterampilan Siswa, dan Efektivitas). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Surabaya dengan menggunakan media sosial untuk pengajaran Bahasa Inggris oleh para dosen. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dan wawancara semi terstruktur, dengan mengorganisasikan, menginterpretasikan, dan merepresentasikan data. Sebanyak 8 dosen berpartisipasi untuk diwawancarai untuk mengetahui persepsi mereka tentang penggunaan media sosial untuk Pengajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang paling banyak digunakan oleh dosen Bahasa Inggris adalah WhatsApp dan Email. Hasil wawancara menunjukkan empat aspek yang telah ditentukan, yaitu; 1). Aktivitas saat menggunakan media sosial dalam pengajaran bahasa Inggris; diskusi, komunikasi, berbagi materi pelajaran, mengumpulkan tugas, dan memberikan tugas. 2). Penggunaan media sosial dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dan dosen; meningkatkan motivasi belajar, aktif, kreativitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan menarik. 3). Penggunaan media sosial dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa; meningkatkan keterampilan berbicara, keterampilan menulis, pengucapan, dan kosa kata. 4). Efektivitas penggunaan media sosial dalam pengajaran bahasa Inggris; mudah diakses, mudah dipahami, mudah digunakan, mudah dipraktikkan.
The goal of this study was to see how English lecturers’ perceptions of the use of social media for English Language teaching. This study is limited to 4 aspects (Activities, Motivation, Enhancing students' skills, and effectiveness). This research was conducted at the English Department at a university in Surabaya using social media for teaching English by lecturers. This study using a case study design and semi-structured interview, by organizing, interpreting, and representing the data. A total of 8 lecturers participated to be interviewed to know about their perceptions of the use of social media for English Language Teaching. The results showed that the social media most primarily used by the English lecturers are WhatsApp and Email. The result of the interviews showed the four aspects that had been determined. They are; 1). Activities when using social media in teaching English; discussion, communication, sharing subjects’ materials, collecting an assignment, and giving assignments. 2). The use of Social media can increase students' and lecturers’ motivation; improving learning motivation, active, creativity, increasing self-confidence, and interesting. 3). The use of social media can enhance students’ English skills; enhancing speaking skill, writing skill, pronunciation, and vocabulary. 4). The effectiveness of social media use in teaching English; easy to access, easy to understand, easy to use, easy to be practiced.