PENDAPAT GURU DAN SISWA TENTANG PENGGGUNAAN QUIPPER SCHOOL DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
TEACHER AND STUDENTS’ PERCEPTION OF THE IMPLEMENTATION OF QUIPPER SCHOOL IN ENGLISH SUBJECT
Tujuan dari artikel ini adalah untuk menunjukan hasil penelitian mengenai bagaimana penggunaan Quipper School dalam mata pelajaran Bahasa Inggris serta mencari tahu bagaimana pendapat guru dan siswa dalam penggunaan aplikasi tersebut. Data diambil dengan menggunakan wawancara semi-structured dengan seorang guru Bahasa Inggris dan 12 siswa kelas 11 dalam tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian ini menunjukan penggunaan Quipper School dalam kegiatan mengajar Bahasa Inggris dilihat sebagai sesuatu yang baik dan membantu untuk guru. Aplikasi tersebut menyediakan materi dan tugas yang dibutuhkan oleh guru. Ini mempermudah pekerjaan guru dan ia tidak perlu menyediakan atau membuat materi sendiri. Dalam penggunaan Quipper School, guru dan siswa memberikan pendapat dan keduanya beranggapan bahwa Quipper School mememiliki sisi positif dan negative sebagai media belajar dan mengajar.
This article aims to present the result of the research done in finding how the implementation of Quipper School in teaching English. Besides, it also investigates the teacher’s and students’ perception towards it. The data was taken using semi-structured interview with one of the English teacher and 12 students of grade XI in academic year 2020/2021. As the result of this study, the implementation of Quipper School in teaching English seen as something good and helpful for the teacher. It provided the material and task that the teacher need so they did not need to make any. Also, both the teacher and students find out the advantages and the disadvantages in using Quipper School as the teaching and learning media.