Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer yang layak digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari 3 aspek, antara lain yaitu : (1) Validitas media pembelajaran interaktif berbasis komputer berbantuan Software Adobe flash cs6 sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika; (2) Efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis komputer sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika ditinjau dari hasil belajar dan respon siswa; (3) Kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis komputer berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TAV di SMK Al Kholiliyah.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 9 (sembilan) tahapan penelitian, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) analisis dan pelaporan. Pengambilan data validasi media pembelajaran dilakukan oleh 3 (tiga) validator, yaitu 2 dosen dari Universitas Negeri Surabaya dan 1 guru dari SMK AL Kholiliyah Bangkalan. Sedangkan untuk pengambilan data keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan respon siswa dilakukan pada kelas X TEI di SMK AL Kholiliyah Bangkalan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil rating validasi media pembelajaran interaktif sebesar 84% dengan kategori sangat valid; (2) Hasil belajar peserta didik berdasarkan uji coba pemakaian pada ranah kognitif diperoleh rata-rata sebesar 82 yaitu lebih besar sama dengan KKM. Sedangkan hasil rating observasi hasil belajar peserta didik berdasarkan uji coba pemakaian pada ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,8750 dengan kategori tuntas. Hasil rating angket respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif sebesar 85,53%; (3) Hasil rating observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 83,75% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis komputer yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK AL Kholiliyah Bangkalan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, kevalidan, kepraktisan, keefektifan
This research aims to produce computer-based interactive learning media is worthy to be used as media of instruction are reviewed from three aspects, among others: (1) the validity of media-based interactive learning computer-aided Software Adobe flash cs6 as a medium of instruction in the basic subjects of electricity and electronics; (2) the effectiveness of computer-based interactive learning media as learning media on Basic subjects of electricity and electronics in terms of learning outcomes and student response; (3) the practicability of learning computer-based interactive media based on implementation learning in Basic subjects of electricity and electronics class X TAV in SMK Al Kholiliyah.
This research uses the methods of Research and Development (R & D) and 9 (nine) research stages, namely: (1) the potential and problems; (2) data collection; (3) design products; (4) the validation of the design; (5) a revision of the design; (6) test products; (7) a revision of the product; (8) a test of usage; (9) the analysis and reporting. Learning media validation data retrieval is done by 3 (three) validator, is 2 professors from the State University of Surabaya and 1 teacher from SMK AL Kholiliyah Bangkalan. As for data retrieval keterlaksanaan learning, student learning outcomes and student response is done on a class X TEI in SMK AL Kholiliyah Bangkalan.
Based on the results of the study, the following conclusions were obtained: (1) the results of interactive learning media validation rating of 84% with very valid category; (2) the results of the learning learners based on a test of cognitive domain usage obtained an average of 82 that is larger with KKM. While hobservation rating acyl study results of learners based on test usage on psychomotor domain obtained average value of 80.8750 with categories completely. The results of the rating question form student response against media interactive learning of 85.53%; (3) the result observation implementation learning of 83.75% by category is very practical for use as a medium of instruction in the basic subjects of electricity and electronics.
Based on these results it can be concluded that the computer-based interactive learning media developed it deserves and either used as a medium of instruction in the basic subjects of electricity and electronics in SMK AL Kholiliyah Bangkalan.
Keywords: Interactive learning media, validity, practicality, effectiveness.