PENGARUH MEDIA PINTU BERKANTONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK “NITASARI” GUBENG SURABAYA
THE INFLUENCE OF THE MEDIA OF THE HOUSE OF HOUSE ON THE ABILITY TO RECOGNIZE THE VOCAL LETTERS IN THE CHILDREN OF GROUP A IN “NITASARI” TK “NITASARI” GUBENG SURABAYA
Pada penelitian ini memilih media pintu berkantong yang digunakan untuk mengenalkan huruf vokal pada anak kelompok A di TK Nitasari Gubeng Surabaya. Pemilihan media ini dimana nantinya digunkan saat sebelum pembelajaran yang dimana anak dapat serta menyebutkan kata benda, nama binatang atau buah yang berawalan huruf vokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pintu berkantong terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Nitasari Surabaya dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbahasa atau mengenal suku kata . Subyek dari penelitian ini berjumlah 41 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen, Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik. Dari hasil perhitungan SPSS menunjukkan nilai signifikansi 2 tailded yaitu .000 < 0.05 maka dapat disimpulkan adanya pengaruh media pintu berkantong terhadap kemampuan mengenal huruf vocal pada anak kelompok A di TK Natisari Gubeng Surabaya secara siginifikan. Hal ini sudah diperkuat dengan hasil statitik deskriptif pada kelas eksperimen yang menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak kelompok A di TK Natisari Gubeng Surabaya sebesar 30.9 hasil ini jauh berbeda dengan kelas kontrol yaitu sebesar 18.95. Sehingga media pintu berkantong sangat cocok untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf vocal pada anak. Selain memperluas kata dalam huruf vocal pada anak penggunaan media ini bisa menjadikan variasi pembelajaran di kelas untuk menarik minat dan semangat belajar anak.
Kata kunci: media pintu berkantong, huruf vokal
This study, we chose the pocket door media used to introduce vowel letters to group A children at Nitasari Gubeng Kindergarten Surabaya. The selection of this media which will be used before learning where the child can also mention nouns, names of animals or fruits that start with vowels.This study aims to determine the effect of pouched door media on the ability to recognize vowels in the language development of children aged 4-5 years at TK Nitasari Surabaya due to the lack of language skills or recognizing syllables. The subjects of this study were 41 children. This study uses a quantitative approach with the Quasi experiment method. The data collection technique used is the observation sheet and documentation. The data analysis technique used parametric statistics. From the results of the SPSS calculation, it shows a significance value of 2 tailded, namely .000 < 0.05, it can be concluded that there is a significant effect of pocket door media on the ability to recognize vowels in group A children at Natisari Gubeng Kindergarten Surabaya. This has been strengthened by the results of descriptive statistics in the experimental class which showed an increase in the ability to recognize vowels in group A children at Natisari Gubeng Kindergarten Surabaya by 30.9. This result was much different from the control class, which was 18.95. So that the pocket door media is very suitable for developing the ability to recognize vocal letters in children. In addition to expanding words in vowels for children, the use of this media can make learning variations in the classroom to attract children's interest and enthusiasm for learning.
Keywords: media for pocket doors, vowels