ANALISIS UNSUR-UNSUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM BUKU IPA SMP
ANALYSIS OF ELEMENTS SCIENCE PROCESS SKILLS IN BOOK OF SCIENCE JUNIOR HIGH SCHOOL
Keterampilan proses sains (KPS) siswa dapat ditingkatkan melalui proses berpikir dan sikap ilmiah dari pembetukan diri manusia. Diantara banyak faktor yang mempengaruhi pembelajaran siswa dalam meningkatkan KPS, peran buku teks telah secara luas diakui sebagai faktor utama. Akan tetapi, beberapa penulis buku teks yang ada tampaknya belum memahami keterampilan proses sains dengan cukup baik dalam menjelaskannya kepada siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi penyajian unsur-unsur keterampilan proses sains dasar dan keterampilan proses sains terintegrasi dalam buku ajar IPA SMP Kelas VII pada materi suhu dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu buku Eksplorasi Ilmu Alam 1, buku IPA Terpadu Kelas VII dan buku Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 kelas 7 yang dipilih secara judgment sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen unsur-unsur keterampilan proses sains topik suhu dan perubahannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur keterampilan proses sains telah disajikan dengan baik meskipun terdapat unsur yang belum terpenuhi unsur mendefinisi operasional variabel. Unsur KPS yang paling banyak muncul yaitu unsur mengamati yang merupakan keterampilan paling dasar dalam melakukan suatu percobaan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru memiliki banyak referensi dalam meningkatkan KPS siswa dan tidak hanya mengacu dalam satu buku.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, buku IPA, unsur-unsur KPS.
Science process skills (SPS) students can be improved through the process of thinking and scientific attitudes from the formation of human beings. Among the many factors that influence student learning in improving SPS, the role of textbooks has broadly been a major factor. However, some existing textbook authors do not seem to understand science process skills well enough in explaining them to students. This research aims to identify the presentation of the process elements of basic science skills and integrated science process skills in science textbooks for Class VII Junior High School on temperature and its changes. This study uses a qualitative description analysis. The object of research in this study was Eksplorasi Ilmu Alam 1 book, IPA Terpadu Kelas VII book and Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 book which were selected by judgment sampling. The instrument used to collect data in this study was to use an instrument that did not have the skills of temperature science topics and its changes. The data technique used is library research. Data analysis techniques in research using content analysis. The results showed that the elements of science process skills have been presented well even though there are elements that have not been fulfilled elements of defining operational variables. The element of SPS that appears the most is the element of observing which is the most basic skill in conducting an experiment. With this research, it is hoped that teachers will have many references in improving student’s SPS and not just referring to one book.
Keywords: Science process skills, books, elements of SPS.