Partisipasi masyarakat akan meningkat seiring meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tuban membuat suatu terobosan dengan memanfaatkan aplikasi media sosial yang dapat menghubungkan masyarakat dengan pemerintah dalam upaya pembangunan daerah. Aplikasi Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku merupakan aplikasi yang memiliki fitur pengaduan masyarakat, forum diskusi, dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga memungkinkan proses dialog antara sesama warga Kabupaten Tuban, pemerintah dan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam suatu wadah forum diskusi dan pengaduan secara online. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Aplikasi Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku di Kabupaten Tuban. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik hitung analisis deskriptif persentase menggunakan skala likert.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku adalah sebagian kecil responden, yaitu 29 orang atau 9,8% memiliki tingkat partisipasi rendah, kurang dari setengah responden, yaitu 82 orang atau 27,7% responden memiliki tingkat partisipasi kategori tinggi, dan lebih dari setengahnya, yaitu 185 orang atau 62,5% responden memiliki tingkat partisipasi kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku adalah sedang berdasarkan persentase terbesar yaitu 62,5% responden.
Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Aplikasi Pengaduan, Taprose Temanku.
Community participation will increase with increasing public awareness of the surrounding environment. Therefore, the Tuban Regency Government made a breakthrough by utilizing social media applications that could connect the community with the government in regional development efforts. Application of Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku is an application that has features of public complaints, discussion forums, and activities of Regional Organizations (OPD) to enable dialogue between fellow residents of Tuban Regency, the government and various Regional Organization Organizations (OPD) in a container online discussion and complaints forum. The purpose of this study was to determine the level of community participation in the use of the application Taprose (Tuban Public Report Services) Temanku in Tuban Regency. The type of research used in this study is a type of quantitative research with a descriptive approach. The data analysis technique used is descriptive analysis of percentage analysis using the Likert scale.
The results showed that the level of community participation in the use of the Taprose (Tuban Public Report Services) application Temanku was a small proportion of respondents, 29 people or 9.8% respondents had low participation rates, less than half of respondents, 82 people or 27.7% had the participation rate is high, and more than half, ie 185 people or 62.5% respondents have a moderate level of participation. So that it can be concluded that the level of community participation in the use of the Taprose (Tuban Public Report Services) application of Temanku is moderate based on the largest percentage of 62.5% respondents.
Keywords: Community Participation, Complaint Application, Taprose Temanku.