PENGEMBANGAN VIDEO MEMBUAT POLA BUSTIER CUSTOMMADE DIKELAS XI SMK DHARMAWANITA GRESIK
VIDEO DEVELOPMENT OF MAKING A CUSTOMMADE BUSTIER PATTERN IN CLASS XI DHARMAWANITA GRESIK VOCATIONAL SCHOOL
ABSTRAK— Video dalam pembelajaran berperan penting dalam mengurangi abstraksi penyampaian materi pendidikan. Agar lebih efisiensi dan memudahkan siswa dalam memahami dan mempraktekkan materi karena bisa diulang berkali-kali. Penelitian ini memiliki dua tujuan yakni untuk mendiskripsikan: 1) tingkat validitas video pembelajaran untuk membuat pola bustier dan 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan video tutorial yang disediakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober dan November di SMK Dharma Wanita Gresik. Proses memilih cara mempelajari sesuatu disebut ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi berikut. Metode pengumpulan data digunakan untuk validasi dan pengujian. Penilaian peserta terdiri dari dua orang, ahli materi dan ahli media. Alat bantu penemuan ialah dokumen validasi dan tes kognitif siswa. Jumlah responden tes eksperimen adalah 8 siswa kelas XI. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata hasil validasi media video dan mengkategorikan nilai ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: 1) Tingkat validitas video tutorial pegembangan video tutorial untuk validasi bustier polsa, skor pertama 29,5 dengan kriteria cukup valid an yang kedua yaitu 41,5 dengan standar sangat valid, sehingga layak untuk diuji cobakan. 2) hasil belajar siswa setelah menerapkan materi video tutorial membuat pola Bustier pada mata pelajaran custommade, mencapai kefasihan belajar klasikal sebesar 87%, termasuk dalam kategori sangat baik melebihi tingkat ketuntasan belajar klasikal yang berlaku di SMK Dharmawanita Gresik yaitu 75%.
Kata kunci: Pengembangan, Video tutorial, Pola Bustier
Abstract
Learning video plays an important in reducing the abstraction of delivering educational material. More efficient and make it easier for students to understand and practice the material because can be repeated many times. This study has two objectives, namely to describe: 1) the level of validity of the learning video for making bustier patterns and 2) student learning outcomes after using the video tutorial provided. This research was conducted in October and November at Dharma Wanita Gresik Vocational school. The process of choosing how to learn something is called ADDIE, which includes the following stages of analysis, design, development, and evaluation. Data collection methods were used for validation and testing. The assessment of the participants consisted of two people, material experts and media experts. The discovery aids are validation documents and student cognitive tests. The number of respondents to experimental test was 8 students of class XI. The processing data method used descriptive analysis by calculating the average value of the video media validation results and categorizing the completeness value of learning outcomes. The results of the study show the following: 1) The level validity of video tutorial development video tutorial for bustier validation, the first score is 29.5 with fairly valid criteria and the second is 41.5 with a very valid standard, so it’s feasible to be tested. 2) student learning outcomes after applying the video tutorial make bustier patterns on custommade subjects, achieving classical learning fluency of 87%, included in the very good category exceeding the classical learning mastery level that applies at SMK Dharma Wanita Gresik, is 75%.
Keywords: Development, Video tutorial, Bustier Pattern