PEMBERIAN AKTIVITAS LATIHAN MODEL KIDS ATHLETICS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK MULTILATERAL PADA SISWA SDN MAGETAN 1 MASA PANDEMI COVID -19
PROVIDING KIDS ATHLETICS MODEL EXERCISE ACTIVITIES TO IMPROVE MULTILATERAL MOVEMENT SKILLS STUDENT OF SDN MAGETAN 1 DURING THE COVID 19 PANDEMIC
ABSTRAK
Achman, Achmad Maarif. 2020. Pemberian Aktivitas Latihan Model Kids Athletics Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Multilateral pada Siswa SDN Magetan 1 Masa Pandemi Covid-19. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (1) Dr. Gigih Siantoro,S.Pd.,M.Pd, (II) Dr.Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Kata Kunci: Kids Athletic, Gerak Multilateral, Covid-19
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya efektifitas perbedaan peningkatan pada latihan gerak multilateral dengan aktivitas latihan model kids athletics dan pengaruh terhadap hasil lari bolak-balik, loncat katak dan lari slalom pada pembelajaran siswa PJOK pada masa pandemi covid-19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kategori eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Poestest Design. Variabel bebas yaitu kelompok siswa kelas 4 dan kelas 5 Sekolah Dasar. Variabel terikat yaitu lari bolak-balik, loncat katak, lari slalom dan total dari ketiga variabel tersebut. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa dimana sejumlah 20 siswa adalah siswa kelas 4 dan 20 siswa adalah kelas 5. Hasil Uji N-Gain skor dalam kelompok lari bolak –balik untuk kelas 4 dengan pemberian aktivitas kids athletic gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 54.96 % termasuk dalam kategori kurang efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 81.74 % termasuk dalam kategori efektif. Berikutnya loncat katak untuk kelas 4 dengan pemberian aktivitas kids athletic gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 64.18 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 92.36 % termasuk dalam kategori efektif. lari slalom untuk kelas 4 dengan pemberian aktivitas kids athletic gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 39.88 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 65.04 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Berikutnya pada variabel total dari rangkaian gerak kids athletik untuk kelas 4 dengan pemberian gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 53.47 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 76.91 % termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian hasil keseluruhan rangkaian terdapat adanya peningkatan dari hasil pretest setiap variabel lari bolak balik, loncat katak, lari slalom dan total varibel gerak multilateral dengan rata-rata lebih dari 76 % maka memiliki kategori efektif diberikan terhadap kelompok kelas 5. Berikutnya adalah Uji-T dengan hasil pretes dan postest pada variabel lari bolak-balik, loncat katak, dan lari slalom serta total ketiga variabel tersebut mempunyai nilai signifikansi lebih dari 0.05. Dengan demikian, disimpulkan dari penelitian ini bahwa siswa kelompok kelas 4 dan 5 adanya efektifitas dari hasil pemberian gerak multilateral kids athletic dan adanya pengaruh terhadap efektifitas metode latihan kids athletic pada siswa SD Negeri Magetan 1 di Kabupaten Magetan.
ABSTRACT
Achman, Achmad Maarif. 2020. Providing Kids Athletics Model Exercise Activities To Improve Multilateral Movement Skills Student Of Sdn Magetan 1 During The Covid 19 Pandemic. Thesis of Sport Education Study Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (1) Dr. Gigih Siantoro,S.Pd.,M.Pd, (II) Dr.Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
The purpose of this study was to determine the effectiveness of differences in the increase in multilateral motion training with the kids athletics model training activity and the effect on the results of back and forth running, frog jumping and slalom running on the learning of PJOK students during the Covid-19 pandemic.
The method used in this research is to use the experimental category with quantitative descriptive research type. The design of this study used the One Group Pretest-Poestest Design. The independent variable is the group of grade 4 and grade 5 elementary school students. The dependent variable is running back and forth, frog jumping, slalom running and the total of the three variables. The sample selection used purposive sampling technique. The research sample consisted of 40 students, of which 20 were grade 4 students and 20 students were grade 5. The results of the N-Gain test score in the back-and-forth running group for grade 4 with the provision of multilateral kids athletic activity for students was 54.96%, including in the less effective category. While for class 5 the average N-gain score with the same treatment is 81.74%, including in the effective category. Next, jumping frogs for grade 4 by providing kids athletic activity with multilateral motion to students was 64.18%, including in the fairly effective category. Meanwhile, for class 5 the average N-gain score with the same treatment is 92.36%, including in the effective category. Slalom running for grade 4 with the provision of kids athletic activity with multilateral motion to students was 39.88%, including in the fairly effective category. Meanwhile, for class 5 the average N-gain score with the same treatment is 65.04%, including in the quite effective category. Next, the total variable of the kids athletic movement for grade 4 with the provision of multilateral motion to students was 53.47%, including in the fairly effective category. While for class 5 the average N-gain score with the same treatment is 76.91%, including in the effective category. Thus the overall results of the series there is an increase in the pretest results of each variable running back and forth, frog jumping, slalom running and total multilateral motion variables with an average of more than 76% so it has an effective category given to the class 5 group. Next is the T-test. with the results of the pretest and posttest on the variables running back and forth, frog jumping, and slalom running and the total of these three variables has a significance value of more than 0.05. Thus, it was concluded from this study that the students in the 4th and 5th grade groups had the effectiveness of the results of the multilateral kids athletic movement and the influence on the effectiveness of the kids athletic training method for students of SD Negeri Magetan 1 in Magetan Regency.