PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS AUGMENTED REALITY
DEVELOPMENT STUDENT’S WORKSHEETS SOLID CURVED SURFACES BASED ON AUGMENTED REALITY
Kebutuhan pengembangan bahan ajar matematika diperlukan dalam menjelaskan konsep matematika yang abstrak dan dalam menghadapi era disrupsi teknologi yang sedang berjalan. Pengintegrasian teknologi diharapkan dapat membantu pengembangan bahan ajar. Salah satu inovasi bahan ajar yang akan dikembangkan ialah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang berkualitas baik berdasarkan tiga aspek yaitu Valid, Praktis dan Efektif. Penelitian ini memanfaatkan teknologi AR dan mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) untuk mengembangkan LKPD pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pengembangan LKPD menggunakan bantuan Geogebra AR ini untuk merealisasikan objek AR bangun ruang sisi lengkung khususnya tabung dan kerucut. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi, angket respon, observasi keterlaksanaan pembelajaran dan Tes Hasil Belajar (THB). LKPD dan THB masing masing divalidasi oleh tiga orang ahli, yang terdiri dari ahli LKPD dan ahli instrumen THB. Kemudian dilakukan uji coba pada LKPD dan THB secara terbatas kepada 6 peserta didik kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Lamongan dengan diamati seorang guru dalam proses ujicoba. Hasil dari pengembangan LKPD ini memperoleh skor validitas 3,66 , skor observasi keterlaksanaan pembelajaran 3,46 , dan skor respon 3,63 yang menunjukkan bahwa desain dan pengembangan yang dilakukan telah memenuhi aspek sangat valid dan sangat praktis, namun masih diperlukan perbaikan dan uji coba skala besar untuk memenuhi aspek efektif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, LKPD berbasis AR ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat memberikan visualisasi lebih terkait materi bangun ruang sisi lengkung.
Kata kunci: LKPD, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Lengkung
The requirement for the development of mathematics teaching materials is needed in explaining abstract mathematical concepts and in facing the disruptive era. The integration of technology is expected to help the development of teaching materials, one of the teaching material innovations that will be developed is Student’s Worksheets (LKPD) based on Augmented Reality (AR). The purpose of this research is to develop a good quality LKPD based on three aspects, namely validity, practicality, and effectiveness. This study utilizes AR technology and follows the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model to develop student’s worksheets on solid curved surface. The development of student’s worksheets uses Geogebra AR to realize AR objects in curved solid, especially cylinder and cone. The research instrument consisted of validation sheets, response questionnaires, observation of learning implementation and learning outcomes tests. LKPD and learning outcomes tests are each validated by three experts, consisting of worksheet experts and test instrument experts. Then the trial was carried out on the LKPD and learning outcomes tests on six students of grade 9 at the Junior High School (SMP Negeri 5 Lamongan) that observed by the teacher in the trial process. The results of the development of this LKPD obtained a validity score of 3.66, an observation score of 3.46 and a response score of 3.63 which indicates that the design and development carried out have met the very valid and very practical aspects, but still need improvement and scale trials great for fulfilling aspects effectively. Based on research conducted, this AR-based LKPD can be used as an alternative learning media that can provide more visualization related to solid curved surface materials.
Keywords: LKPD (Worksheet), Augmented Reality, Curved Solid