Pengelolaan Kelas bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif
Classroom Management for Students with Special Needs in Inclusive Schools
Pengelolaan kelas penting bagi peserta didik berkebutuhan khusus agar dapat belajar dengan nyaman dan maksimal. Kelas yang terstruktur menjadikan peserta didik berperilaku positif dengan hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif dengan melihat dari berbagai aspek pengelolaan kelas, faktoe yang memengaruhi, dan pemahaman pendidik terkait pengelolaan kelas. Penelitian ini berupa review literatur yang didapat dari sumber artikel, buku, dan jurnal yang relevan. Analisis deskriptif data yang sudah terkumpul dapat diketahui arah pemikiran untuk membantu penyimpulannya. Temuan menunjukkan bahwa dalam pengelolaan kelas perlu adanya sinergi kuat antara aspek pengelolaan kelas dan aspek pemahaman peserta didik.
Kata kunci: pengelolaan kelas, peserta didik, inklusif.
Classroom management is important for students with special needs so they can learn comfortably and optimally. Structured classroom make students behave positively with good learning outcomes. The purpose of this study is to deacribe classroom management for students with special needs in inclusive schools by looking at various aspects of classroom management, factors that influence, and teachers' understanding of classroom management. This research is a literature review study obtained fron relevant article, book, and journal source. The descriptive analysis of the data that has been collected can be known direction of thought to help its removal. These findings suggest that in the management of the class there need to be a strong synergy between aspects of classroom management and aspects of understanding of teachers.
Keywords: classroom management, students, inclusive