RANCANG BANGUN SISTEM PENCARIAN LOKASI USAHA DENGAN METODE SMART BAGI PENGUSAHA BARU
DESIGN AND BUILD A BUSINESS LOCATION SEARCH SYSTEM WITH SMART METHOD FOR NEW ENTREPRENEURS
Mencari lokasi usaha merupakan hal yang mungkin dapat membantu seorang pengusaha baru untuk memulai usahanya. Dalam memenuhi kebutuhan ini pengusaha sering mendapat kesulitan mendapatkan tempat usaha yang pas dengan keinginannya apalagi dengan minimnya relasi yang dimiliki pengusaha yang baru ingin memulai usahanya. Adapun iklan – iklan penjualan tempat usaha yang banyak dapat meyebabkan kebingunan untuk memilih dan butuh biaya atau waktu untuk survei satu persatu lokasi yang akan digunakan untuk memulai usaha. Pada penelitian ini, pengulis mengadaptasi metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) untuk mengoptimalkan pencarian lokasi usaha dengan cara menghitung bobot yang dipertimbangkan sesuai dengan keinginan oleh para pengguna. Metode SMART pada dasarnya adalah metode pengambil keputusan dengan cara menormaliasikan suatu bobot kriteria dan akan memunculkan hasil dari perhitungan berupa angka evaluasi yang bertujuan memudahkan pengambilan keputusan yang akan dilakukan pembuat keputusan. Proses tersebut akan menghasilkan nilai evaluasi yang membantu melakukan pemilihan lokasi usaha pengunaan metode ini juga akan sangat mengguntungkan karena simpel dan sederhana. Penelitian ini berbasis website dalam pembuatannya. hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : pengelolaan data aset, data pengguna,dan data bobot. Seluruh tahap diharapkan dapat terintegrasi guna mendapatkan lokasi yang sesuai dengan yang di harapkan dan memperoleh informasi secara cepat dan tepat serta dapat mengurangi biaya dan waktu yang digunakan dalam pengambilan keputusan dalam menentukan lokasi usaha dan dapat menyelesaikan permasalahan lainya. Rekomendasi lokasi bisnis akan dihasilkan di akhir penelitian ini, yang merupaklan pilihan yang baik untuk mencari lokasi bisnis berdasarkan kriteria yang ditentukan.
Finding a business location is something that might help a new entrepreneur to start his business. In fulfilling this need, entrepreneurs often find it difficult to find a place of business that fits their desires, especially with the lack of relationships that are owned by entrepreneurs who are just starting their business. As for advertisements for sale of many business premises, it can cause confusion in choosing and it takes money or time to survey one by one the locations that will be used to start a business. In this study, the authors adapted the SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) method to optimize the search for business locations by calculating the weight considered according to the wishes of the users. The SMART method is basically a decision-making method by normalizing a criterion weight and will generate the results of the calculation in the form of an evaluation number which aims to facilitate the decision making that will be carried out by the decision maker. This process will produce an evaluation value that helps make the selection of a business location. The use of this method will also be very profitable because it is simple and simple. This research is website-based in its making. The results of this study are as follows: asset data management, user data, and weight data. All stages are expected to be integrated in order to get a location that is as expected and obtain information quickly and precisely and can reduce costs and time used in decision making in determining business locations and can solve other problems. The end of this research will produce a business location recommendation which is a good alternative in finding a business place based on predetermined criteria.