APPLICATION OF POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) LEARNING STRATEGIES TO REDUCE STUDENT'S MISCONCEPTIONS IN SCIENCE STUDIES IN PRIMARY SCHOOL
Konsep merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pemerolehan ilmu di berbagai bidang termasuk IPA. Kenyataan di lapangan, peserta didik belum menguasai konsep IPA dengan baik atau mempunyai konsepsi awal yang berbeda dengan konsep yang benar sehingga mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep-konsep yang dimiliki untuk menjelaskan berbagai macam gejala alam dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa strategi Predict-Observe-Explain dapat mereduksi miskonsepsi peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini termsuk penelitian Pra-Eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Krembangan Selatan I Surabaya dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 24 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil konsepsi sebelum pembelajaran dengan strategi POE diperoleh rata-rata 68,1% dari keseluruhan subjek penelitian mengalami miskonsepsi untuk setiap butir konsep. (2) profil konsepsi setelah pembelajaran dengan strategi POE diperoleh rata-rata 6,5% dari keseluruhan subjek penelitian mengalami miskonsepsi untuk setiap butir konsep (3) pembelajaran menggunakan strategi POE dapat mereduksi miskonsepsi peserta didik pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak, ciri makhluk hidup, serta benda atau materi.
Concept is a very important part in the process of acquiring knowledge in various studies including science. The reality, students have not mastered the concept of science properly or have a different initial conception with the correct concept so that it has difficulty in using the concepts possessed to explain various kinds of natural phenomena in daily life. The purpose of this study is to describe that the Predict-Observe-Explain strategy can reduce student’s misconceptions in elementary school. This research includes a Pre-Experiment research with One Group Pretest-Posttest Design. The subjects in this study were students of class V SDN Krembangan Selatan I Surabaya with a number of samples taken were 24 students. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis. The results showed that (1) the conception profile before learning with the POE strategy obtained an average of 68.1% of all research subjects have misconceptions for each concept item. (2) the conception profile after learning with the POE strategy obtained an average of 6.5% of all research subjects have misconceptions for each concept item (3) learning to use POE strategies can reduce student’s misconceptions on science subjects material force and motion, characteristics of living things, and objects or materials.