Aliyah, Rofi’atul. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Tesis, Program Studi S-2 Pendidikan Sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Elok Sudibyo, M.Pd., dan (2) Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
Kata-kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, STEM, Keterampilan Pemecahan Masalah
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran model PBL (Problem Based Learning ) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics ) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, meliputi: (1) validitas perangkat, (2) kepraktisan perangkat model PBL berbasis STEM, dan (3) keefektifan perangkat model PBL berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Design, Define, Develop, dan Dessiminate) tanpa penyebaran secara luas. Desain pre-eksperimen menggunakan One Group Pretest Postest Design . Subjek penelitian yaitu perangkat pembelajaran model PBL berbasis STEM dengan uji coba terbatas pada 35 peserta didik XI IPA 3 dan uji coba luas pada 70 peserta didik dari XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA N 1 Tongas Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) silabus, RPP, handout, LKPD dan tes keterampilan pemecahan masalah kategori valid; 2) kepraktisan perangkat berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran kategori baik dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik; 3) keefektifan perangkat pembelajaran yang digunakan dikategorikan efektif dengan berdasarkan pada rata-rata peningkatan keterampilan pemecahan masalah dalam kategori sedang dan mayoritas peserta didik memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran; 4) Hasil uji paired t test nilai sig. (2 tailed ) < 0,05, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas uji coba terbatas; 5) Hasil uji independent t test nilai sig. (2 tailed ) > 0,05, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara data n-gain pada kedua kelas replikasi di uji coba luas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model PBL berbasis STEM layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis.