IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BONTANG
IMPLEMENTATION OF SCHOOL MANAGEMENT PROVIDING INCLUSIVE EDUCATION IN BONTANG CITY
ABSTRAK
Ma’ruf, Afdhol Choliqul. 2023. Implementasi Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Bontang. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd dan (2) Prof. Dr. Hj. Sri Joeda Andajani, M.Kes
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Sekolah, Pendidikan Inklusif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif di kota Bontang yang meliputi aspek perncanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pegawasan pada manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum dan manajemen Proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dan lokasi penelitian dilakukan pada tiga sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah Penyelenggara Pendidikan inklusif di Kota Bontang. Teknik analisis data menggunakan model interaksif Milles and Hubberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Di peroleh data aspek implementasi manajemen sekolah di tiga sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif di Kota Bontang mengungkapkan bahwa Perencanaan manajemen kesiswaan pada ketiga sekolah tersebut diawali dengan menganalisis kebutuhan siswa agar kebutuhan siswa disekolah dapat terpenuhi dengan baik khususnya untuk PDBK, menganalisis kebutuhan siswa dengan cara mempertimbangkan ruang kelas yang ada dan jumlah tenaga pendidik yang mengajar.. Pengorganisasian kesiswaan adanya pengelompokan bagi peserta didik baru pada ketiga sekolah tersebut bertujuan untuk agar program pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Pengelompokan siswa dilaksanakan pada tiap awal tahun ajaran baru, setiap kelas dipegang oleh wali kelas. Pelaksanaan penerimaan siswa berkebutuhan khusus melalui jalur inklusi yang diusung dengan mengacu pada mekanisme dan persyaratan pendaftaran yang tertuang dalam Pedoman pelaksanaan pendaftaran penerimaan siswa baru kota Bontang. Pengawasan manajemen kesiswaan dilakukan langsung oleh Kepala Sekolah sebagai pimpinan sekolah yang berfungsi dalam mengawasi pelaksanaan jalannya kegiatan kesiswaan yang sesuai dengan perencanaan.
Manajemen kurikulum pendidikan inklusif di sekolah Penyelenggara Pendidikan inklusif di Kota Bontang direncanakan dan disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang kemudian dimodifikasi dan disesuaikan dengan tujuan, kemampuan dan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Perencanaan dilakukan oleh kepala sekoalah beserta tim dan juga guru pendamping khusus masing-masing siswa. Perencanaan ini dilakukan pada awal tahun ajaran baru dan setiap disetiap semester. Organisasi kurikulum pendidikan inklusif di sekolah Penyelenggara Pendidikan inklusif di Kota Bontang berupa mata pelajaran yang disampaikan berdasarkan tema tertentu dan terpisah-pisah atau sesuai subjek pelajaran. Kurikulum pendidikan inklusif di Penyelenggara Pendidikan inklusif di Kota Bontang diimplemantasikan dalam bentuk pembelajaran yang disampaikan oleh guru kelas, guru mata pelajaran, atau guru pendamping khusus,sesuai dengan jenis kurikulum yang digunakan. Evaluasi terhadap kurikulum pendidikan inklusif di Penyelenggara Pendidikan inklusif di Kota Bontang dilakukan untuk mengetahui ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan dan kesesuaian pelaksanaan dengan rencana. Evaluasi dilakukan pada akhir tahun ajaran dan akhir semester.
Manajemen Proses pembelajaran dalam kelas inklusi diawali dengan perencanaan pembelajaran yaitu menganalisis berdasarkan penyajian, indikator, RPP dengan memodifikasi konsep. Secara struktural latihan pembelajaran dilaksanakan sebagaimana tercantum dalam RPP oleh modifikasi konsep dan evaluasi bagi siswa berkebutuhan khusus meliputi tiga aspek evaluasi yaitu, sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan kemampuan peserta didik. Dalam pengorganisasian pembelajaran merupakan acuan untuk proses kegiatan pembelajaran agar terarah dengan baik, hal ini didukung oleh Kepala Sekolah selaku manajer dalam mempersiapkan sarana prasarana pembelajaran, memberikan tugas dan fungsi guru dalam merencakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan alokasi waktu, pembuatan kurikulum, dan media pembelajaran yang efektif serta bermanfaat bagi peserta didik. Pengawasan proses pembelajaran bisa juga disebut evaluasi pembelajaran yakni sebagai alat penilaian hasil pencapaian tujuan dalam pengajaran yang dilaksanakan secara terus menerus serta sebagai umpan balik dari hasil pembelajaran.
ABSTRACT
Ma’ruf, Afdhol Choliqul. 2023. Implementation of School Management for Providing Inclusive Education in Bontang City. Thesis, Special Education Study Program, Postgraduate Program. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd dan (2) Prof. Dr. Hj. Sri Joeda Andajani, M.Kes
Keywords: implementation, School Management, inclusive education
The purpose of this research is to describe the management implementation of schools providing inclusive education in the city of Bontang which includes aspects of planning, organizing, implementing and supervising student management, curriculum management and learning process management. The type of research used is qualitative research using a descriptive approach. Data collection methods used in this research are in-depth interviews, observation, and documentation. The research subjects and locations were conducted in three schools designated as inclusive education providers in Bontang City. The data analysis technique uses the interactive Milles and Hubberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
Based on the data obtained through the results of in-depth interviews, observation, and documentation. Obtained data on aspects of the implementation of school management in three schools providing inclusive education in Bontang City revealed that student management planning in the three schools begins with analyzing student needs so that the needs of students in schools can be met properly, especially for PDBK, analyzing student needs by considering classrooms existing teaching staff and the number of teaching staff. The student organization of grouping new students in the three schools aims to make the learning program run well. Grouping of students is carried out at the beginning of each new school year, each class is held by the homeroom teacher. The implementation of admissions of students with special needs through the inclusion pathway is carried out with reference to the mechanisms and registration requirements set out in the Guidelines for implementing registration for new student admissions in the city of Bontang. Supervision of student management is carried out directly by the Principal as the school leader whose function is to oversee the implementation of student activities in accordance with the plan.
The management of the inclusive education curriculum at schools providing inclusive education in Bontang City is planned and compiled based on the 2013 Curriculum which is then modified and adapted to the goals, abilities and needs of students with special needs. Planning is carried out by the head of the school and the team as well as the special accompanying teacher for each student. This planning is carried out at the beginning of the new school year and every semester. The organization of the inclusive education curriculum at schools providing inclusive education in Bontang City is in the form of subjects delivered based on certain themes and separately or according to subject matter. The inclusive education curriculum at inclusive education providers in Bontang City is implemented in the form of lessons delivered by class teachers, subject teachers, or special accompanying teachers, according to the type of curriculum used. Evaluation of the inclusive education curriculum at inclusive education providers in Bontang City is carried out to determine the achievement of the goals set and the conformity of the implementation with the plan. Evaluation is carried out at the end of the school year and the end of the semester.
Management The learning process in the inclusive class begins with learning planning, namely analyzing based on presentation, indicators, lesson plans by modifying concepts. Structurally the learning exercises are carried out as stated in the lesson plan by modifying the concept and evaluation for students with special needs covering three aspects of evaluation namely, attitudes, knowledge and skills with the abilities of students. In organizing learning it is a reference for the process of learning activities so that they are well directed, this is supported by the Principal as the manager in preparing learning infrastructure, assigning tasks and functions of the teacher in planning learning activities according to time allocation, making curriculum, and appropriate learning media. effective and beneficial for students. Supervision of the learning process can also be called learning evaluation, namely as a tool for evaluating the results of achieving goals in teaching which is carried out continuously and as feedback from learning outcomes.