ABSTRAK
PENGEMBANGAN
BUKU AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING
PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI
SAINS PESERTA DIDIK
Nama :
Maulidia Nur Laily
NIM :
150302040 71
Program Studi :
S-1 Pendidikan Biologi
Jurusan :
Biologi
Fakultas :
Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam
NamaLembaga :
Universitas Negeri
Surabaya
Pembimbing :
Dr. Fida Rachmadiarti,
M.Kes
Collaborative
Learning
merupakan pembelajaran kerjasama untuk memecahkan masalah dengan tahapan pembelajaran engagement,
exploration, transformation, presentation, dan reflection . Literasi sains adalah keterampilan menggunakan pengetahuan
sains dalam kehidupan sehari-hari. Keanekaragaman hayati merupakan materi yang
bersifat kontekstual yakni memanfaatkan lingkungan sekitar untuk pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menghasilkan
buku ajar berbasis collaborative learning
pada materi keanekaragaman hayati yang dinyatakan valid dari segi isi, penyajian, dan bahasa serta praktis berdasarkan keterlaksanaan
buku, aktivitas literasi sains,
keterbacaan buku , dan respon s peserta didik . Buku
ajar yang dikembangkan menggunakan desain penelitian
model 4-D yaitu define,
design, develop, dan dessiminate . Namun, tahap dessiminate
tidak dilakukan . Subjek
penelitian adalah 16 peserta didik kelas X
SMA Negeri 1 Purwoasri . Penelitian dilakukan menggunakan metode
validasi, observasi keterlaksanaan, uji keterbacaan, dan respons peserta didik.
Instrumen yang
digunakan meliputi lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, lembar uji
keterbacaan, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil penelitian
dianalisis dengan teknik analisis validitas, analisis keterlaksanaan, analisis
keterbacaan, dan analisis respons . Hasil penelitian menunjukkan validitas
buku ajar dari segi isi memperoleh skor 3, 93, dari segi penyajian memperoleh skor 4, serta dari
segi bahasa memperoleh skor 4 . Skor
keseluruhan validitas buku ajar yang dikembangkan sebesar 3,98 dengan kategori
sangat valid. Kepraktisan buku ajar berdasarkan observasi keterlaksanaan buku ajar memeroleh
skor 9 1 , 67 % yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Keterlaksanaan aktivitas literasi sains memeroleh skor 94,37% dengan kategori sangat praktis.
Keterbacaan buku
ajar memeroleh hasil level peringkat 10 yang berarti telah sesuai digunakan
untuk peserta didik kelas X SMA. R espon s peserta didik mencapai 91,88% dengan kategori sangat positif dan sangat praktis .
Kata kunci : Buku
ajar , Collaborative
Learning , Literasi Sains ,
Materi Keanekaragaman Hayati .