PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA SISWA TUNARUNGU
USE OF GRAPHICS TO IMPROVE SIMPLE SENTENCE WRITING SKILLS IN DEAF STUDENTS
Dampak ketunarunguan mengakibatkan siswa tunarungu mengalami keterbatasan dalam kemampuan berbahasa. Khususnya terbatasnya penguasaan kosa kata, sulit memahami arti kiasan dan kata-kata abstrak. Hal ini berdampak pada kesulitan dalam membuat dan menyusun kalimat yang benar sesuai dengan struktur Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (SPOK). Kesulitan siswa tunarungu dalam menempatkan struktur SPOK dan pemilihan kata mengakibatkan makna kalimat dan tujuan penulisan kalimat kurang dapat dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis penggunaan media grafis untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan telaah kepustakaan dari artikel dan buku yang relevan dengan penelitian, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah. Pada literatur dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design nilai rata-rata pre-test yaitu 48,98 dan nilai rata-rata post-test sebesar 79,96. Sedangkan pada jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) nilai rata-rata pada siklus I sebesar 51,85, dan pada siklus II menjadi 67,75. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media grafis bersifat efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu.
Kata Kunci: Media grafis, Menulis kalimat sederhana, Siswa Tunarungu
The impact of deafness causes deaf students to experience limitations in language skills. Especially limited vocabulary mastery, difficult to understand the meaning of figurative and abstract words. This has an impact on the difficulty in making and compiling correct sentences according to the structure of the Subject, Predicate, Object, and Description (SPOK). The difficulty of deaf students in placing the SPOK structure and word selection resulted in the meaning of sentences and the purpose of writing sentences being less understandable. This study aims to analyze the use of graphic media to improve the skills of writing simple sentences in deaf students. This study uses a literature review method by reviewing the literature from articles and books relevant to the research, then analyzed using a quantitative approach to solve the problem. In the literature with the type of research Pre-Experimental Design, the average value of the pre-test is 48,98 and the average value of the post-test is 79,96. While in the type of Classroom Action Research (CAR) the average value in the first cycle is 51,85, and in the second cycle it is 67,75. Based on these results, it can be concluded that graphic media are effectively used as learning media in helping to improve the skills of writing simple sentences for deaf students.
Keywords: Graphic media, Writing simple sentences, Deaf students