Fenomena Penyebab Kecanduan Game Online Pada Siswa
PHENOMENON CAUSES OF ONLINE GAME ADDICTION IN STUDENTS
Kecanduan game online peserta didik merupakan permasalahan serius yang memiliki urgensi yang harus segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang informasi mengenai fenomena penyebab kecanduan game online pada siswa SMKN 5 Surabaya dengan melihat faktor dan hasil yang didapatkan ketika bermain game online. Fenomena kecanduan game online merupakan permasalahan yang memiliki urgensi serius karena memiliki dampak pada kehidupan siswa, dampak seriusi yang relatif adalah siswa tidak masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas dan bahkan melakukan tindakan kriminal. Pendalaman atau penelitian terhadap fenomena tersebut untuk diketahui penyebab dari fenomena kecanduan game online itu diharapankan dapat memberikan manfaat sebagai wawasan mengenai kecanduan game agar diolah menjadi bahan materi layanan mengenai Penanganan kecanduan game dan sebagai upaya preventif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mendeskriupsikan permasalahan secara mendalam. Data yang diperoleh berasal dari teknik wawancara, observaasi dan dokumentasi.
Online game addiction in students is a serious problem that must be addressed immediately. This study aims to describe information about the phenomenon that causes addiction to online games in students of SMKN 5 Surabaya. The phenomenon of online game addiction is a problem that has serious urgency because it has an impact on students' lives, the relatively serious impact is that students do not attend school, do not do assignments and even commit crimes. It is hoped that the deepening or research of this phenomenon to determine the cause of the online game addiction phenomenon is expected to provide benefits as an insight into game addiction so that it can be processed into service materials regarding handling game addiction and as a preventive measure. This research uses a case study method to describe the problem in depth. The data obtained came from interview, observation and documentation techniques.