PENGARUH PENGUNGKAPAN GREEN PRODUCT INNOVATION DAN GREEN PROCESS INNOVATION TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN
THE INFLUENCE OF GREEN PRODUCT INNOVATION AND GREEN PROCESS INNOVATION ON COMPANY PERFOMANCE
Pada era sekarang dimana perekonomian semakin berkembang pesat, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan khususnya di Indonesia. Mengingat proses bisnis perusahaan – perusahaan besar yang tidak ramah lingkungan membuat polusi udara dan pencemaran lingkungan yang dapat berdampak pada global warming. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk menguji apakah inovasi pada proses dan produk yang ramah lingkungan mampu memberikan dampak yang baik bagi kinerja suatu emiten di sektor manufaktur di Indonesia. Pengambilan populasi dalam penelitian yaitu keseluruhan emiten yang bergerak pada industri manufaktur sejak tahun 2014 hingga 2017. Setelah dilakukan pemilihan sampel dengan metode purposive sampling, didapatkan sebanyak 481 sampel periode pengamatan yang didapatkan melalui laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit dan tercantum pada Bursa Efek Indonesia. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk yang ramah lingkungan memiliki efek yang positif pada kinerja perusahaan, sedangkan pada inovasi proses yang ramah lingkungan sendiri tidak mampu mempengaruhi peningkatan kinerja suatu perusahaan.
In the current era where the economy is growing rapidly, of course it is a challenge for every company, especially in Indonesia. Given the business processes of large companies that are not environmentally friendly, air pollution and environmental pollution can have an impact on global warming. This research aims to examine whether innovations in environmentally friendly processes and products can have a good impact on the performance of an issuer in the manufacturing sector in Indonesia. Population used in the study is that all listed companies which engaged in the manufacturing industry from 2014 to 2017. After selecting the sample with a purposive sampling method, 481 samples on the observation period were obtained through audited company financial statements and listed on the Indonesia Stock Exchange. The analytical method used in this research is multiple linear regression analysis. Based on the results of the study showed that the innovation of environmentally friendly products has a positive effect on company performance, while the innovation of environmentally friendly processes alone is not able to influence the improvement of a company's performance.