Pengaruh Video Animasi Terhadap Pemahaman Membaca Siswa SMP
THE EFFECT OF ANIMATION VIDEO ON JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT READING COMPREHENSION
Dalam penelitian ini berjudul “Pengaruh Video Animasi Terhadap Pemahaman Membaca Siswa SMP”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pre-test dan post-test. Partisipan dalam penelitian ini adalah 63 siswa, 32 untuk kelompok eksperimen dan 31 untuk kelompok kontrol siswa kelas 8 SMP. Kelas ini dipilih berdasarkan guru yang memberikan kelas dengan kompetensi yang sama dengan nilai-nilai keseharian siswanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulannya, video animasi sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran membaca pemahaman dan materi teks narasi memiliki dampak positif.
In this research entitled “The Effect of Animation Video on Junior High School Student Reading Comprehension.” the goal of this research to investigate the effect of animation videos on junior high school students’ reading comprehension of narrative text. This research was quasi-experimental design with pre-test and post-test. The participants in this study were 63 students, 32 for the experimental group and 31 for the control group of 8th grade students in junior high school. This class chose based on the teachers who provide classes with the same competence as the daily values of their students. The result of this study showed that there were significant differences between students before and after treatment. In conclusion, video animation as a learning medium for learning reading comprehension and narrative text material has a positive impact.