PROFIL MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SINTESIS PROTEIN MENGGUNAKAN TEKNIK FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST
STUDENT MISCONCEPTION PROFILE IN PROTEIN SYNTHESIS TOPIC USING FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST TECHNIQUE
Miskonsepsi diartikan sebagai kesalahapahaman peserta didik dalam menafsirkan suatu konsep dengan teori ilmiah. Salah satu materi pada biologi yang rawan terjadi miskonsepsi yaitu sintesis protein. Sintesis protein dianggap sebagai materi dengan konsep-konsep yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi peserta didik pada materi sintesis protein menggunakan Four-Tier Diagnostic Test serta mendeskripsikan faktor penyebab miskonsepsi peserta didik terjadi pada materi sintesis protein. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen Four-Tier Diagnostic Test terdiri atas 4 tier, tier-1 berupa pertanyaan dengan 5 opsi jawaban, tier-2 berupa opsi tingkatan keyakinan terkait opsi jawaban, tier-3 berupa 5 opsi alasan, dan tier-4 berupa tingkatan keyakinan terkait opsi alasan. Penelitian dilaksanakan pada saat masa pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka, sehingga pengambilan data dilakukan secara online melalui google form dan google meet. Subjek penelitian ini yaitu 34 peserta didik kelas XII MIPA-4 di SMA Negeri 1 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi sintesis protein sebesar 32,37%. Miskonsepsi tertinggi terdapat pada konsep ciri-ciri RNA yaitu sebesar 65%. Faktor penyebab miskonsepsi yaitu kurang minatnya peserta didik terhadap materi sintesis protein, guru terlalu cepat dalam menjelaskan materi, pemilihan metode pembelajaran yang terbatas saat pandemi Covid-19, dan informasi pada buku teks yang kurang lengkap dan sulit dipahami. Uji penerapan model, metode, atau media pembelajaran dapat dilakukan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi sintesis protein, khususnya pada konsep ciri-ciri RNA, replikasi DNA, dan proses translasi.
Misconception is students’ misunderstanding in interpreting a concept within scientific theory. Amongst the biological topics that often cause misconceptions is protein synthesis. Protein synthesis is considered as a topic with complex concepts. This research aims to describe the students’ misconceptions profile in protein synthesis topic and describe the causing factors of students’ misconception in protein synthesis topic. This research is descriptive quantitative using four-tier diagnostic test instrument which consisting of 4 tiers, 1st tier is the question with 5 possible answers, 2nd tier is the level of confidence of the answer, 3rd tier is the 5 possible reasons, and 4th tier is the level of confidence of the reason. This research was conducted during the Covid-19 pandemic, which made it impossible to meet directly, so the data was collected online via google form and google meet. The study subjects were 34 students of grade XII MIPA-4 SMA Negeri 1 Gresik. Results showed that 32.37% misconceptions occurred in the protein synthesis topic. The highest misconception was in the concept of RNA characteristics, with the percentage of 65%. Factors that cause misconceptions were the students’ lack of interest in protein synthesis topic, the teacher were too fast in explaining the information, limited selection of learning methods during Covid-19 pandemic, and the information in the textbook was incomplete and difficult to understand. Implementation testing of models, methods, or learning media can be done to reduce students' misconceptions in protein synthesis topic, especially in the concept of RNA characteristic, DNA replication, and translation process.