HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN FINANCIAL LITERACY DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI BELANJA ONLINE
THE RELATIONSHIP OF SELF-CONTROL AND FINANCIAL LITERACY WITH COMPULSIVE BUYING IN USERS OF ONLINE SHOPPING APPLICATION
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kontrol diri dan financial literacy dengan compulsive buying pada pengguna aplikasi belanja online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek yaitu pengguna aplikasi belanja online X. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling dan didapatkan subjek sebanyak 32 subjek. Teknik pengambilan data menggunakan skala compulsive buying¸ skala kontrol diri, dan skala financial literacy dengan jenis skala yaitu skala likert. Skala disusun berdasarkan aitem-aitem yang berasal dari aspek dan indikator setiap variabel. Tryout dilakukan terhadap instrumen penelitian dengan menggunakan 30 subjek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi ganda menggunakan software SPSS 22 for windows untuk mengetahui adakah hubungan antara variabel Y dan dua variabel X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dan financial literacy dengan compulsive buying pada pengguna aplikasi belanja online. Hubungan variabel kontrol diri dan variabel financial literacy dengan variabel compulsive buying berupa hubungan negatif, yaitu semakin tinggi kontrol diri dan financial literacy maka kecenderungan compulsive buying semakin rendah.
This study aims to determine the releationship between self-control and financial literacy with compulsive buying for online shopping application users. This research is a quantitative research with the subject, namely users of online shopping application X. The sampling technique used is accidental sampling and subjects obtained are 32 subjects Data collection using the compulsive buying scale, self-control scale, and financial literacy scale with the type of scale, namely the Likert scale. The scale is arranged based on the items derived from the aspects and indicators of each variable. Tryout were conducted on research instruments using 30 subjects Data analysis using multiple correlation analysis using SPSS software to determine whether there is a relationship between variable Y and two variables X. the results of this study indicate that the significant value is 0.000, the value is smaller than 0.05, so it can be said that there is a relationship between self-control and financial literacy with compulsive buying on online shopping application users. The relationship between self-control and financial literacy with compulsive buying is negative relationship, namely the higher self-control and financial literacy, the lower the compulsive buying tendency.