Penelitian ini bertujuan untuk memahami efektivitas penerapan teknologi Augmented Reality dalam pencarian informasi yang dilakukan konsumen menggunakan aplikasi IKEA Place dan mengetahui dampak dari teknologi Augmented Reality dalam aplikasi IKEA Place untuk membuat konsumen melakukan keputusan pembelian. Teknologi AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia maya dua atau tiga dimensi dalam satu keadaan yang nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan merupakan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Data yang dibutuhkan yaitu tentang perilaku pencarian informasi dan tahap keputusan pembelian yang dilakukan oleh pengguna aplikasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles dan Huberman (1994), mulai dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Perilaku pencarian informasi yang digunakan oleh peneliti yaitu dari Ellis (1993). Dan juga tahap keputusan pembelian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tahap keputusan pembelian online dari Turban et., al (2015). Pada tahap akhir pencarian informasi, pengguna aplikasi akan menentukan keputusan pembelian di retail IKEA atau retail perabotan lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi AR merupakan teknologi yang efektif digunakan dalam proses pencarian informasi. Namun teknologi AR tidak mempengaruhi pengguna aplikasi untuk melakukan pembelian di retail IKEA.
Kata Kunci: promosi, teknologi augmented reality, perilaku pencarian informasi, tahap keputusan pembelian online
This study aims to understand the effectiveness of the application of Augmented Reality technology in the search for information by consumers on the IKEA Place application and determine the effect of Augmented Reality technology in the IKEA Place application can influence consumers to make purchasing decisions. AR technology is technology that combines two or three dimensional virtual worlds in one real situation. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. Data sources used are the results of interviews, documentation, and observations made by researchers. The data needed is about information retrieval behavior and the stage of purchasing decisions made by application users. Data analysis techniques used are from Miles and Huberman (1994), starting from data reduction, data display, and drawing conclusions. Information search behavior used by researchers is from Ellis (1993). And also the purchasing decision stage used in this study is the decision phase of online purchasing from Turban et., Al (2015). In the final stage of information search, the application user will make a purchase decision at IKEA retail or other furniture retail. The results showed that AR tenology was an effective technology used in the information search process. However, AR technology does not influence application users to purchase at IKEA retail.
Keywords: promotion, augmented reality technology, information search behavior, online purchasing decision stages