DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA FOR STATIC FLUID SUBJECTS PHYSICS FOR CLASS XI IPA IN SMA NEGERI 19 SURABAYA
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 19 Surabaya, peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi pokok fluida statis mata pelajaran fisika karena berkaitan dengan beberapa konsep dan rumus. Selama proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan media berupa papan tulis, power point, dan video dari youtube. Karena keterbatasan media pembelajaran tersebut mengakibatkan peserta didik kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka dibutuhkannya produk multimedia interaktif materi pokok fluida statis mata pelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 19 Surabaya. Tujuan dari penelitian pengembangan ini ialah menghasilkan multimedia interaktif yang layak pada materi pokok fluida statis mata pelajaran fisika untuk kelas XI IPA di SMA Negeri 19 Surabaya. Pengembangan ini menggunakan Model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluated). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ialah wawancara terstruktur dan angket untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif. Berdasarkan analisis data uji kelayakan dilakukan dengan ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media, mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai 81%-100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media multimedia interaktif dapat dikatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran materi pokok fluida statis mata pelajaran fisika untuk kelas XI IPA di SMA Negeri 19 Surabaya.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Fluida Statis.
Based on the problems that occured in SMA Negeri 19 Surabaya, students found it difficult to understand the subject matter of static fluids in physics because it was related to several concepts and formulas. During the learning process the teacher only uses media in the form of blackboards, power points, and videos from YouTube. Due to the limitations of these learning media, stutendts are less interested in parciticipating in the learning process, resulting in less than optiomal learning outcomes. Based on the problems found, an interactive multimedia product is needed on the subject matter of tatic fluids in physics in class CXI IPA at SMA Neheri 19 Surabaya. The purpose of this development research is to produce appropriate interactive multimedia on the subject matter of static fluids in physics subjects for class XI IPA at SMA Negeri 19 Surabaya. This development uses the DDD-E Model (Decide, Design, Develop, Evaluated The data collection techniques use by researchers were structured interviews and questionnaires to determine the feasibility of interactive multimedia. Based on the analysis of the feasibility test data carried out with learning design experts, material experts, and media experts, the result showed a very feasible category with a value of 81%-100%. Therefore, it can be concluded that the development of interactive multimedia media is feasible to applied in learning the subject matter of static fluids in physics subjects for class XI IPA at SMA Neeri 19 Surabaya
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Static Fluid