ABSTRAK
Priyono, Fuad Akbar Rodhi. 2018. Pengembangan Buku Suplemen dan Video Tutorial Gambar Anatomi Plastis Figur Manusia untuk Mahasiswa Seni Rupa. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Djuli Djati Prambudi, M.Sn, dan (II) Dr. Trisakti, M.Si.
Kata-kata Kunci: Anatomi Plastis, Gambar Anatomi Plastis Manusia, Gambar Figur, Buku Suplemen, Video Tutorial.
Penguasaan ilmu anatomi plastis manusia dalam seni rupa merupakan sebuah bekal untuk seniman, mahasiswa seni rupa, dan juga pekerja seni. Bekal penguasaan ilmu anatomi plastis manusia mendukung untuk menggambarkan figur manusia yang terlihat realis dan proporsional. Kemampuan menggambar figur manusia dengan baik akan mendukung dan bermanfaat dalam berbagai mata kuliah atau dalam berbagai cabang seni rupa selain lukis dan patung juga dalam character design, komik, animasi, human modeling dan lain sebagainya yang berhubungan dengan penggambaran figur manusia Namun pada kenyataannya gambar anatomi merupakan materi yang bisa dikatakan sulit dan rumit dalam hal penerapannya.. Gambar anatomi sendiri merupakan materi yang mungkin butuh banyak waktu untuk bisa dicapai dalam kompetensinya. Butuh strategi khusus dalam penyajian materinya agar peserta didik mampu memahami secara mudah. Buku-buku referensi mengenai anatomi plastis manusia tidak sering beredar di pasaran karena kebanyakan buku mengenai gambar anatomi adalah buku-buku terbitan luar negeri dan mempunyai keterbatasan perihal bahasa. Hal tersebut menjadikan minimnya jangkauan untuk bisa mempelajari gambar anatomi secara praktis. Pada sisi lain Nur Wakhid Hidayanto selaku dosen pengajar mata kuliah anatomi plastis manusia masih menggunakan referensi yang masih bersumber dari internet yang berwujud foto-foto hasil gambar, serta beberapa slideshow tayangan hasil gambar anatomi plastis. Mahasiswa Seni Rupa Unesa (sampel dalam penelitian ini) mengakui bahwasanya mereka tidak mendapatkan media pendukung lain untuk pembelajaran di luar perkuliahan.
Dari persoalan yang telah disampaikan maka perlu adanya metode yang praktis untuk mengoptimalkan pembelajaran gambar anatomi plastis figur manusia. Peneliti mengembangkan Produk buku suplemen dan video tutorial untuk lebih memudahkan mahasiswa seni rupa dalam memahami menggambar anatomi plastis figur manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan 4D Thiagarajhan (2007) yang dipadukan dengan metode 5D Pranata (2009). Penelitian ini dimulai dengan langkah yang pertama yaitu define, (1) define merupakan langkah peneliti untuk menganalisis latar belakang dalam mengembangkan produk buku suplemen dan video tutorial. (2) Design merupakan langkah kedua yang di mana peneliti merancang sebuah konsep media pembelajaran berdasarkan analisis masalah sebelumnya. (3) Develop yaitu merancang produk yang sudah dikonsep lalu dilakukan validitas serta uji coba setelahnya. (4) Disseminate merupakan langkah akhir di mana produk yang telah dikembangkan disebarkan secara luas.
Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan produk buku suplemen dan video tutorial gambar anatomi plastis figur manusia yang dilakukan menggunakan metode 4D Thiagarajan. Penelitian ini juga mendeskripsikan kualitas buku suplemen dan video tutorial berdasarkan kelayakan isi materi yang mendapatkan uji kelayakan isi materi 100%, kegrafikaan 96%, dan kebahasaan 89%. Penelitian ini juga mendeskripsikan tingkat keefektifan buku suplemen dan video tutorial yang meliputi, (1) pengaruh produk pengembangan terhadap sampel uji coba yang menggunakan Wilcoxon design experiment test, (2) serta mengukur peningkatan kemampuan peserta uji coba dalam penggunaan produk yang telah dikembangkan. Berdasarkan output uji statistik diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,001. Karena nilai 0,001<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pretest dan posttest hasil belajar buku suplemen dan video tutorial gambar anatomi figur manusia. Adapun peningkatan produktivitas mahasiswa dalam pembelajaran gambar anatomi plastis manusia menggunakan buku suplemen dan video tutorial gambar anatomi figur manusia mempunyai prosentase kenaikan 26,3%.
ABSTRACT
Priyono, Fuad Akbar Rodhi. 2018. Suplementary Book and Tutorial Video of Human Figure Plastic Anatomy Drawing Development for Visual Arts Students. Thesis, Study Program of Postgraduate Cultural Art, Universitas Negeri Surabaya. Mentors: (I) Dr. Drs. Djuli Djati Prambudi, M.Sn, dan (II) Dr. Trisakti, M.Si.
Keywords: Plastic Anatomy, Plastic Human Anatomy Drawing, Figure Drawing, Suplementary Book, Tutorial Video.
Mastering of human plastic anatomy in art is a provision for artists, art students, and also art workers. Ability of mastering human plastic anatomy supports to describe human figures that look realist and proportional. The ability to draw human figures well will support and be useful in a variety of subjects or in various branches of fine arts besides painting and sculpture as well as in character design, comics, animation, human modeling and others related to the depiction of human figures. In reality human plastic anatomy is difficult and complicated in terms of its application. Anatomical images themselves are material that may require a lot of time to be achieved in their competence. Need specific strategies in presenting the material so that students are able to understand easily. Reference books about human plastic anatomy are not often circulated in the market because most books on anatomical images are published in foreign books and have limitations on language. This makes the minimum reach to be able to study anatomical images practically. On the other hand Nur Wakhid Hidayanto as lecturer in human plastic anatomy courses still uses references that are still sourced from the internet in the form of photographs of images, as well as several slideshows showing the results of plastic anatomical images. Unesa Fine Arts Students (samples in this study) admitted that they did not get other supporting media for learning outside of lectures. From the problems that have been conveyed, it is necessary to have a practical method to optimize the learning of plastic anatomy of human figur. Researchers developed supplementary book products and video tutorials to make it easier for art students to understand drawing plastic anatomy of human figures. The method used in this development research uses the Thiagarajhan (2007) 4D approach which is combined with 5D Pranata (2009) method. This research begins with the first step, namely define, (1) define is the step of the researcher to analyze the background in developing supplementary book products and tutorial videos. (2) Design is the second step in which the researcher designs a learning media concept based on the analysis of the previous problem. (3) The development is to design products that have been conceptualized and then do validity and trial afterwards. (4) Disseminate is the final step in which products that have been developed are widely distributed. The results of this study are to describe the product development process of supplement books and tutorial videos of plastic anatomy of human figures carried out using the Thiagarajan 4D method. This study also describes the quality of supplementary books and video tutorials based on the feasibility of material content 100%, graphics 96%, and language 89%. This study also describes the effectiveness of supplementary books and tutorial videos which include, (1) the effect of product development on the sample of the trial using the Wilcoxon design experiment test, (2) and measuring the increase in the ability of trial participants in the use of developed products. Based on the statistical test output known as Asymp. Sig. (2-tailed) worth 0.001. Because the value of 0.001 <0.05, it can be concluded that there are differences in the pretest and posttest results of learning supplement books and tutorial videos. The increase in student productivity in learning human plastic anatomy images using supplementary books and tutorial videos of plastic anatomy of human figures has a 26.3% increase in percentage.