Pengembangan Media Monopoli Berbasis Android untuk Materi Teks Fabel Kelas V Sekolah Dasar
Development of Android-Based Monopoly Media for Fable Text Material for Grade V Elementary School
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa terdapat rendahnya minat siswa pada pembelajaran yang behubungan dengan suatu bacaan. Tidak hanya itu, kurangnya media yang digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks fabel juga menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran yang valid, praktis, efektif yang memungkinkan siswa dapat dengan optimal dalam belajar teks fabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Tahapan tersebut di antaranya adalah Analysis (menganalisis), Design (mendesain), Development (mengembangkan), Implementation (mengimplementasikan), dan Evaluation (mengevaluasi). Penelitian ini menjadikan tiga puluh siswa kelas V SD Dumas Surabaya sebagai subjek uji coba. Dalam penelitian ini, media dan materi dinilai valid sebesar 94% dan 86%, praktis sebesar 93% dan 100%, serta efektif sebesar 88% dan 95,8%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media Monoid sangat valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran materi teks fabel kelas V sekolah dasar.
Kata Kunci: pengembangan, teks fabel, model ADDIE, Monopoli Berbasis Android, Monoid.
This research is based on the fact that there is low student interest in learning related to reading. Not only that, the lack of media used in learning Indonesian language fable text material is also a concern. This research aims to create valid, practical, effective learning media that allows students to optimally learn fable text. The type of research used is development research using the ADDIE model which has five stages. These stages are Analysis (analyzing), Design (designing), Development (developing), Implementation (implementing), and Evaluation (evaluating). This study made thirty fifth grade students of SD Dumas Surabaya as test subjects. In this study, the media and materials were rated as valid by 94% and 86%, practical by 93% and 100%, and effective by 88% and 95.8%. Based on these results, it can be concluded that Monoid media is very valid, practical, and effective for learning fable text material in grade V elementary school.
Keywords: development, fable text, ADDIE model, Android-based Monopoly, Monoid