Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Minat Berorganisasi Terhadap IPK Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi
The Effect of Parent Income and Organizational Interest on the GPA of the Department of Economic Education
Nilai IPK merupakan salah satu indikator ketercapaian suatu kegiatan pembelajaran pada jenjang perguruan tinggi, dan seperti yang kita ketahui bahwa nilai IPK seringkali menjadi salah satu persyaratan yang diajukan oleh suatu perusahaan dalam melakukan penerimaan calon pegawainya. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai IPK mahasiswa, baik faktor dari dalam diri mahasiswa sendiri maupun dari luar diri mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua dan minat berorganisasi terhadap IPK mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 177 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik berupa uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, serta uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan melalui uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi (R2). Untuk hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pendapatan orang tua dan minat berorganisasi terhadap IPK mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi baik secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci: pendapatan orang tua, minat berorganisasi, IPK.
The GPA is one indicator of the achievement of a learning activity at the collage, and as we know that the GPA is often one of the requirements proposed by a company in accepting prospective employees. There are many factors that can effect a student’s GPA, both from within and outside the student. The purpose of this study was to determine the effect of parent’s income and interest in organizing student’s GPA in the Departement of Economic Education. The subjects of this study were student’s of the Departement of Economic Education in 2017, with a total sample of 177 student’s. The data analysis technique used is the statistical analysis technique in the form of a classic assumptiontest, multiple linier regression test, and hypothesis testing both partial and simultaneously through t test and F test, and the coefficient of determination test (R2). For the result of this study indicate that there is no influence of parental income and interest in organizing to the GPA of Departement of Economic Education student’s either partially or simultaneously.
Keywords: parent’s income, interst in organizing, and grade-point average (GPA).