ANALISIS BRAND IDENTITY HOTEL BUMI SURABAYA CITY RESORT MELALUI INSTAGRAM @bumisurabaya
BRAND IDENTITY ANALYSIS OF HOTEL BUMI SURABAYA CITY RESORT THROUGH INSTAGRAM @bumisurabaya
Di tengah-tengah persaingan industri perhotelan, brand identity menjadi sangat penting. Brand identitymerupakan bagian utama branding yang ditawarkan pengelola kepada calon konsumen. Brand identity menjadi tema dari promosi hotel tersebut. Persoalannya kemudian tidak setiap hotel memiliki proses kesejarahan yang bersifat linier, Perubahan kepemilikan atau pengelolaan mengharuskan hotel menawarkan brand identity baru. Hotel Bumi Surabaya merupakan hotel yang membangun ke-khas-an baru dalam bentuk brand identity sebagai hotel resort di perkotaan. Penelitian ini beertujuan untuk menganalisis startegi dan pengembangan Brand Identity yang dibawakan oleh Hotel Bumi Surabaya City Resort melalui akun official instagram @bumisurabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Brand Identity yang dibangun oleh Hotel Bumi Surabaya City Resort melalui pembentukkan secara bertahap pada proses rebranding dan pembentukkan konsep citranya yakni City Resort. Pada konsep ini dikembangkan oleh pihak hotel pada penggunaan nama brand, logo, desain dan warna, suara, visi misi, tactic goals dan tagline yang terlihat pada instagram @bumisurabaya, sehingga dapat disimpulkan bahwa identitas yang dimiliki Hotel Bumi Surabaya City Resort yaitu konsep citra City Resort.
Kata Kunci: Brand Identity, Hotel , Instagram
In the midst of the competitive hotel industry, brand identity is very important. Brand identity is the main part of branding that managers offer to potential consumers. Brand identity is the theme of the hotel's promotion. The problem then is that not every hotel has a linear historical process. Changes in ownership or management require the hotel to offer a new brand identity. Hotel Bumi Surabaya is a hotel that builds a new distinctiveness in the form of brand identity as a resort hotel in urban areas. This research aims to analyze the strategy and development of Brand Identity presented by the Bumi Surabaya City Resort Hotel through the official Instagram account @bumisurabaya. The type of research used in this research is qualitative. The research method used in this research is descriptive. The data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research stated that the Brand Identity built by the Bumi Surabaya City Resort Hotel went through gradual formation in the rebranding process and the formation of its image concept, namely City Resort. This concept was developed by the hotel using the brand name, logo, design and color, sound, vision and mission, tactical goals and tagline which can be seen on Instagram @bumisurabaya, so it can be concluded that the identity of the Bumi Surabaya City Resort Hotel is the City image concept. Resorts.
Keywords: Brand Identity, Hotel , Instagram