PENGEMBANGAN WEBSITE DECITUATION UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA INIJILI INDONESIA SURABAYA
WEBSITE DECITUATION FOR IMPROVE INDEPENDENCE OF DECISION MAKING COLLAGE STUDENT IN INDONESIAN COLLEGE OF EVANGELICAL THEOLOGY SURABAYA
Kemandirian pengambilan keputusan merupakan hal yang penting bagi dewasa awal. Karena pada masa dewasa awal, seseorang akan dihadapkan pada banyaknya pilihan yang berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan (Marchetti et al., 2019). Namun, Tingkat kemandirian mahasiswa dalam mengambil keputusan dapat dikatakan cukup rendah. Oleh sebab itu, diperlukan suatu media yang dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan. Salah Satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengambilan keputusan adalah Interactive Web-based.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah Interactive Web-based yang sesuai dengan kriteria yaitu kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Dalam pengembangannya, pengembang menggunakan metode Research And Development menurut Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Surabaya dengan memanfaatkan instrumen kuesioner untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Dalam website ini akan tersedia fitur studi kasus, papan penyelesaian, dan juga ruang interaksi.
Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa rata rata skor uji ahli materi menunjukkan angka 77,5%, rata rata skor uji ahli media 90%, rata rata skor uji calon pengguna (fasilitator) 75%, dan rata rata skor uji ahli calon pengguna (mahasiswa) 77,5%. Selain itu, validator uji ahli media dan materi juga memberikan komentar yang melengkapi hasil penilaiannya.
Dari hasil pengembangan ini maka didapatkan hasil bahwa media yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi. Karena penelitian ini baru dilaksanakan sampai pada tahap 5, maka diharapkan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini pada tahapan yang selanjutnya untuk lebih lagi menyempurnakan pengembangan media ini.Dari pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan dan dapat digunakan bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia dengan layak dan tanpa revisi.
Independence in decision-making is important for early adulthood. Because in early adulthood, a person is faced with many choices that influence the decision-making process (Marchetti et al., 2019). However, the level of independence of students in making decisions can be said to be rather low. Therefore, media are needed to help students increase their decision-making independence. Interactive web-based media is one of the media that can be used to improve decision making.
The purpose of this research is to develop an Interactive Webbased that is in accordance with the criteria of usefulness, feasibility, accuracy and appropriateness. In its development, the developer used the Research and Development method according to Borg and Gall. This research was conducted at the Indonesian Evangelical Theological College Surabaya by utilizing a questionnaire instrument to collect the necessary data. The website will feature case studies, a resolution board, and an interaction space.
From this study, it was found that the average test score of material experts was 77.5%, the average test score of media experts was 90%, the average test score of prospective users (facilitators) was 75%, and the average test score of prospective users (students) was 77.5%. In addition, media and materials experts provided comments that supplemented the assessment results. The results of this development indicated that the developed media could be used without revision. As this research has only been carried out to stage 5, it is hoped that other researchers can continue this research in the next stage to further refine the development of these media.
From this development, it can be concluded that the developed media meets the criteria of usefulness, feasibility, accuracy, and appropriateness. It can be used properly and without revision for the students of the Indonesian Evangelical Theological College.