Register Pengguna Game Dragon Raja: SEA
Register of Dragon Raja: SEA Game User
Penelitian ini membahas register pengguna game Dragon Raja: SEA. Penelitian ini perlu dilakukan karena adanya keunikan bahasa yang digunakan, yaitu adanya penggunaan bahasa khusus yang berbeda dengan bahasa sehari-hari dan hanya bisa dipahami oleh kelompok tersebut. Keunikan bahasa tersebut disebut ragam bahasa register. Register merupakan ragam bahasa yang digunakan oleh kelompok penutur dengan profesi serta perhatian yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk, makna, serta fungsi register dalam game Dragon Raja: SEA. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan menggunakan teknik simak libat cakap dengan teknik lanjutan menggunakan teknik catat dan teknik rekam. Sumber data penelitian ini adalah ujaran pemain game Dragon Raja: SEA. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu, 1) bentuk, yang dikelompokkan menjadi a) kata; b) frasa; dan c) abreviasi, 2) makna, dan 3) fungsi, yang meliputi a) memermudah komunikasi; b) mengakrabkan diri; c) meringkas komando; d) memberikan kritikan atau hinaan; serta e) memberikan pujian.
Kata Kunci: register, bahasa khusus, pengguna game.
This research discusses the registers of Dragon Raja: SEA game users. This research needs to be done because of the uniqueness of the language used, namely the use of a special language that is different from everyday language and can only be understood by the group. The uniqueness of this language is called the register language variety. Register is a variety of languages used by groups of speakers with the same profession and concern.The purpose of this study was to analyze the form, meaning, and function of registers in the game Dragon Raja: SEA. Through a qualitative approach, the data were collected using the engaging listening technique proficiently with advanced techniques using note-taking techniques and recording techniques. The data source of this research is the utterances of Dragon Raja: SEA game players. The collected data were then analyzed using a qualitative descriptive method. The results found were 1) forms, were grouped into a) words; b) phrases; and c) abbreviation, 2) meaning, and 3) functions, which include a) facilitate communication; b) familiarize oneself; c) summarize command; d) criticizing or insulting; and e) give praise.
Keywords: registers, special language , game users.