Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Belajar Siswa Tunarungu
Scramble Type Cooperative Learning Model For Learning Deaf Students
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk belajar anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi literatur dengan telaah kepustakaan dari buku, jurnal nasional, jurnal internasional yang berkaitan dengan penelitian. Literatur dengan sumber data 14 artikel dari jurnal SINTA, dan chapter buku diakses melalui google scholar, science direct, dan TRID sebagai pengumpulan data dalam penelitian. Teknik analisis data diperoleh dari kajian literatur yang disusun sebagai acuan analisis dalam indikator penelitian. Hasil analisis data diperoleh model kooperatif yang menggunakan Think Pair Share (TPS) dengan membentuk kelompok secara berpasangan untuk pembelajaran mengenal kalimat sederhana dalam scramble. Satu pasang siswa bertugas mencari subjek pada kalimat yang di acak, kemudian satu siswa menyusun kalimat sesuai pola struktur kalimat yang benar dan di diskusikan kembali bersama pasangan. Simpulan ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe scramble membentuk kelompok berpasangan untuk belajar mengenal kalimat sederhana bagi anak tunarungu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Belajar, Anak tunarungu
The purpose of this study was to describe the scramble type cooperative learning model for learning deaf children. The method used in this research is literature study by reviewing literature from books, national journals, and international journals related to research. Literature with data sources of 14 articles from the SINTA journal and book chapters that can be accessed through Google Scientist, Science Direct, and TRID as data collection in research. The data analysis technique was obtained from a literature review, which was compiled as a reference for analysis in research indicators. The results of data analysis obtained a cooperative model that uses Think Pair Share (TPS) by forming groups in pairs for learning to recognize simple sentences in a scramble. One student records the subject in a random sentence, then one student composes a sentence according to the correct sentence structure pattern and discusses it again with a partner. This simulation shows that the scramble type cooperative model forms pairs of groups to learn to recognize simple sentences for deaf children.
Keyword : Learning Model Scramble, Learning, Deaf children